PEMBELAJARAN SISWA DALAM BERKARYA KAIN JUMPUTAN DENGAN TEKNIK IKATAN DAN JAHITAN PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KRAMAT, TEGAL


:Gevi Rininda Asriningpuri, 2401411001 (2017) PEMBELAJARAN SISWA DALAM BERKARYA KAIN JUMPUTAN DENGAN TEKNIK IKATAN DAN JAHITAN PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KRAMAT, TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN SISWA DALAM BERKARYA KAIN JUMPUTAN DENGAN TEKNIK IKATAN DAN JAHITAN PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KRAMAT, TEGAL]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN SISWA DALAM BERKARYA KAIN JUMPUTAN DENGAN TEKNIK IKATAN DAN JAHITAN PADA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KRAMAT, TEGAL) - Published Version
Download (468kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji masalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran siswa dalam bekarya kain jumputan dengan teknik ikatan dan jahitan, (2) Bagaimana hasil karya kain jumputan dengan teknik ikatan dan jahitan. (3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat yang muncul dalam pembelajaran berkarya kain jumputan dengan teknik ikatan dan jahitan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi eksploratif dengan menggunakan metode pengamatan terkendali. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan hal-hal sebagai berikut. Pertama, pembelajaran kain jumputan dengan teknik ikatan dan jahitan kelas VIII H SMP N 2 Kramat Tegal dilakukan melalui tiga tahap, yaitu merancang motif hias, membuat motif hias dengan teknik ikatan dan jahitan, dan pewarnaan. Kedua, hasil pembelajaran siswa dalam berkaryakain jumputan pada pengamatan terkendali 1 nilai rata-rata ramencapai 79,5 dari 32 siswa, sedangkan rata-rata nilai pada pengamatan terkendali 2 mencapai 83 dari 32 siswa. Ketiga, faktor pendukung, bahan-bahan pembuatan kain jumputan sangat murah serta mudah didapat, pembuatanya sederhana dan tidak berbahaya.Faktor penghambat, siswa masih kesulitan dalam menuangkan gagasannya danmenerapkan teknik jahitan.Saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut, (1) dalam mengembangkan gagasan perlu dikembangkan lagi agar dalam membuat rancangan motif hias lebih bervariasi. (2) siswa harus lebih teliti saat menarik benang dan mengikat satu persatu benang supaya hasilnya lebih baik. (3) guru dapat menggunakan kain jumputansebagai salah satu alternatif media pembelajaran kriya tekstilkarena bahan yang digunakan murah, mudah didapat, dan aman digunakan untuk siswa sekolah SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, kain jumputan, teknik, ikatan,jahitan
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:52
Last Modified: 26 Jun 2019 19:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31809

Actions (login required)

View Item View Item