PENERAPAN MEDIA KOMIK PADA PEMBELAJARAN PPKn DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 11 SEMARANG


Muh Miftahul Abror, 3301412118 (2017) PENERAPAN MEDIA KOMIK PADA PEMBELAJARAN PPKn DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301412118.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (250kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada lingkungan belajar. Dalam pembelajaran kedudukan media pembelajaran sangatlah penting sebagai perantara dalam menjelaskan bahan yang tidak dapat dijelaskan oleh guru. Namun sering kali pemilihan media pembelajaran yang kurang tepat dapat merugikan guru dan berdampak negatif bagi peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan suatu media pembelajaran alternatif yang inovatif dan menarik sehingga dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Media alternatif tersebut adalah dengan membuat media pembelajaran komik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: dampak penerapan media pembelajaran komik dan efektivitas komik dalam pembelajaran PPKn terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Semarang. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design dengan bentuk pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII dengan jumlah 288 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data diambil melalui tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; Penerapan media pembelajaran komik telah dilaksanakan dengan baik meliputi penyajian materi dan diskusi menggunakan media tersebut. Dengan menggunakan media pembelajaran komik dapat membantu peserta didik dalam pembelajaran, meningkatkan kerja sama, melatih peserta didik lebih aktif dalam berdiskusi serta meningkatkan motivasi belajar peserta didik karena sifat media komik sebagai bacaan yang menghilangkan rasa jenuh. Hasil uji T-Test diperoleh thitung sebesar 7,359 dan ttabel pada taraf signifikasi 0,05 adalah 1,994. Sehingga thitung > ttabel yaitu 7,359 > 1,994, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan media komik dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik sangat efektif diterapkan pada pembelajaran PPKn terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP N 11 Semarang. Saran yang diberikan penulis adalah: (1) media pembelajaran komik dapat dijadikan media pembelajaran sebagai upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik, (2) guru sebaiknya lebih pandai mengatur pembagian waktu, agar waktu tidak habis hanya untuk membaca komik, (3) sekolah sebaiknya bisa memilih materi yang tepat dalam menerapkan media komik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Komik, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > Special Education > Civic Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2018 14:38
Last Modified: 04 Apr 2019 17:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31797

Actions (login required)

View Item View Item