PEMBELAJARAN CETAK TEMBUS BAGI KELAS II SDN 3 KANCILAN KEMBANG JEPARA
Muhammad Tri Joko Saputro, 2401410006 (2017) PEMBELAJARAN CETAK TEMBUS BAGI KELAS II SDN 3 KANCILAN KEMBANG JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PEMBELAJARAN CETAK TEMBUS BAGI KELAS II SDN 3 KANCILAN KEMBANG JEPARA)
- Published Version
Download (308kB) | Preview |
Abstract
Dalam pendidikan seni rupa, aktivitas pembelajaran mencetak merupakan kegiatan yang memiliki peran penting bagi pengembangan kepribadian anak yang berkenaan dengan kreativitas dan imajinasi serta inovasi dalam rangka menciptakan karya-karya baru yang bebas. Tujuan mencetak adalah melatih jiwa mengungkapkan imajinasi, sehingga dapat menimbulkan keterampilan menurut unsur-unsur rupa, mampu mengenal teknik mencetak. Berdasarkan hal tersebut permasalahan yang di kemukakan dalam penelitian kali ini adalah: (1) proses pembelajaran grafis Cetak Tembus Kelas II SDN 3 Kancilan Kembang Jepara, (2) hasil karya grafis cetak tembus SDN 3 Kancilan Kembang Jepara. Tujuan penelitian adalah: (1) Ingin mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran grafis cetak tembus yang dilaksanakan siswa Kelas II SDN 3 Kancilan Kembang Jepara, (2) Ingin menganalisis hasil karya pembelajaran grafis cetak tembus Kelas II SDN 3 Kancilan Kembang Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Sasaran dalam penelitian kali ini adalah keseluruhan Kelas II, guru Kelas II, kepala sekolah, serta sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran seni grafis di SDN 3 Kancilan Kembang Jepara. Keseluruhan sasaran penelitian digunakan untuk mendeskripsikan proses belajar mengajar mencetak bagi siswa Kelas II dalam pembelajaran seni rupa, hasil karya mencetak bagi siswa Kelas II. Dari hasil penilaian kegiatan mencetak anak, hasil karya dapat dikategorikan menjadi sangat baik, cukup dan kurang. Hasil pembelajaran cetak tembus, sebagai berikut: (1) Siswa yang memperoleh nilai antara 51-60 atau kurang sebanyak 5,9%/ 1 siswa, siswa yang memperoleh nilai antara 61-70 atau cukup sebanyak 76,5%/ 13 siswa, siswa yang memperoleh nilai antara 71-80 atau baik sebanyak 17,6%/ 3 siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SDN 3 Kancilan Kembang Jepara peneliti dapat memberikan saran sebagai berikut; (1) Guru diharapkan lebih inovatif dengan materi yang ada, materi dan tugas dalam buku belum tentu sesuai dengan keadaan sekolah, (2) penilaian pada pembelajaran mencetak Kelas 2 SDN 3 Kancilan Kembang Jepara seharusnya tidak diberi batasan rentangan nilai, (3) penyiapan daun sebagai klise diarahkan lebih detail agar tidak terjadi kesalahan anak saat membawa dari rumah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mencetak, pengembangan kreativitas, anak. |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR N Fine Arts > NX Arts in general |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 19:52 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 19:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31795 |
Actions (login required)
View Item |