INTERNALISASI NILAI-MORAL KEAGAMAAN DI PONDOK PESANTREN AR ROUDLOH OLEH MASYARAKAT DESA BABADAN KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG


Zakiyatul Fakhiroh , 6301412165 (2016) INTERNALISASI NILAI-MORAL KEAGAMAAN DI PONDOK PESANTREN AR ROUDLOH OLEH MASYARAKAT DESA BABADAN KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301412112.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya Pondok pesantren baru yang berada di Desa Babadan, sehingga masyarakat yang awalnya tidak begitu peduli dengan ajaran agama mulai mempelajari agama Islam yang berisi tentang nilai-moral keagamaan. Moral Keagamaan penting untuk ditanamkan dan dilaksanakan oleh masyarakat. Pondok Pesantren Ar Roudloh Desa Babadan Kecamatan Limpung Kabupaten Batang sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam di lingkungan masyarakat diharapkan mampu mengajarkan nilai-moral keagamaan pada masyarakat Desa Babadan. Berdasarkan latar belakang di atas permasalahan yang akan dikaji adalah 1) Nilai-moral apakah yang diajarkan di Pondok Pesantren Ar Roudloh kepada masyarakat Desa Babadan 2) Bagaimanakah internalisasi nilaimoral keagamaan di Pondok Pesantren Ar Roudloh oleh masyarakat Desa Babadan; 3) Kendala apakah yang dihadapi masyarakat dalam mendalami ajaran nilai-moral keagamaan di Pondok Pesantren Ar Roudloh.. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui nilai-moral yang diajarkan di Pondok Pesantren Ar Roudloh kepada masyarakat Desa Babadan; 2) untuk mengetahui proses internalisasi nilai-moral keagamaan di Pondok Pesantren Ar Roudloh oleh masyarakat Desa Babadan. 3) untuk mengetahui kendala yang dihadapi masyarakat dalam mendalami nilai-moral yang diajarkan di Pondok Pesantren Ar Roudloh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai moral yang diajarkan Pondok Pesantren Ar Roudloh, internalisasi nilai-moral keagamaan I Pondok Pesantren Ar Roudloh oleh masyarakat Desa Babadan Kecamatan Limpung Kabupaten batang, dan kendala yang dihadapi masyarakat dalam mendalami nilai-moral yang diajarkan Pondok Pesantren Ar Roudloh. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai-moral yang diajarkan oleh Pondok Pesantren Ar Roudloh adalah nilai-moral keagamaan yaitu Akhlaqul Karimah.Akhlaqul Karimah artinya berkhlak mulia. Nilai ini terkandung dalam kitab yang diajarkan di Pesantren Ar Roudloh yakni kitab Ta’lim Mutaalim yang berisi tentang akidah/akhlak tentang tatacara berperilaku terhadap orang tua, sopan santun terhadap guru, sopan santun terhadap teman, tatacara berperilaku dalam kehidupan sehari-hari. 2) Internalisasi nilai-moral Pondok Pesantren (Ponpes) Ar Roudloh oleh masyarakat secara individual maupun kelompok telah ix terlaksana, masyarakat mulai mererapkan nilai akhlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari, bisa dilihat dari gaya berpakaian menjadi lebih sopan, adanya unggah-ungguh atau sopan santun dari yang lebih muda terhadap yang lebih tua, yang lebih muda terhadap yang lebih tua, sopan santun terhadap tetangga, saling menghormati antar warga, menyantuni anak yatim, rajin beribadah, serta banyak masyarakat melakukan kegiatan positif. 3) Kendala yang dihadapi masyarakat dalammendalami ajaran nilai-moral di Pondok Pesantren Ar Roudloh adalah banyaknya masyarakat desa Babadan yang rumahnya jauh dari pondok, dan masyarakat yang terlalu sibuk bekerja sehingga jarang ikut kegiatan pengajian oleh karena itu kurang mengamalkan nilai-moral keagamaan Pondok Pesantren, serta dampak globalisasi yang menyebabkan masyarakat malas untuk mengikuti pengajian. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Kepada Pondok Pesantren diharapkan mampu menyediakan tenaga pengajar tambahan/ustadz dengan memanfaatkan santri yang sudah senior untuk mengajar materi akhlaqul karimah kepada masyarakat yang rumahnya jauh dari pondok. 2) Kepada Pemerintah: Diharapkan pemerintah bekerja sama dengan ahli teknologi untuk menciptakan aplikasi kitab-kitab kuning agar generasi muda merasa tertarik untuk mempelajarinya dan mudah untuk diakses menggunakan gadget.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: nilai, moral, internalisasi
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Islamic Boarding School
L Education > Special Education > Civic Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2018 17:42
Last Modified: 05 Dec 2018 17:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31789

Actions (login required)

View Item View Item