ANALISIS ISIM MAQSHUR, MANQUSH, DAN MAMDUD DALAM ALQURAN SURAT AL-ISRA’ DAN AL-KAHFI (ANALISIS MORFOSINTAKSIS DAN SEMANTIK)


Arum Ahkamiyah , 2303413018 (2017) ANALISIS ISIM MAQSHUR, MANQUSH, DAN MAMDUD DALAM ALQURAN SURAT AL-ISRA’ DAN AL-KAHFI (ANALISIS MORFOSINTAKSIS DAN SEMANTIK). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS ISIM MAQSHUR, MANQUSH, DAN MAMDUD DALAM ALQURAN SURAT AL-ISRA’ DAN AL-KAHFI (ANALISIS MORFOSINTAKSIS DAN SEMANTIK)]
Preview
PDF (ANALISIS ISIM MAQSHUR, MANQUSH, DAN MAMDUD DALAM ALQURAN SURAT AL-ISRA’ DAN AL-KAHFI (ANALISIS MORFOSINTAKSIS DAN SEMANTIK)) - Published Version
Download (401kB) | Preview

Abstract

Sintaksis (dalam bahasa Arab ilmu nahw) merupakan salah satu kajian wajib bagi orang yang ingin memahami makna Alquran. Dalam penelitian ini peenelitian ini, peneliti membahas salah satu objek kajian dari ilmu nahw, yaitu Isim maqshur, manqush dan mamdud dalam Alquran. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apa saja isim maqshur, manqush, dan mamdud dalam Alquran surat Al-Isra’ dan Al-Kahfi ? (2) Apa wazan-wazan isim maqshur, manqush, dan mamdud Alquran yang terdapat pada surat Al-Isra’ dan Al-Kahfi ? (3) Apa saja i’rob dalam isim maqshur, manqush, dan mamdud dalam Alquran surat Al-Isra’ dan Al-Kahfi? (4) Bagaimana makna isim maqshur, manqush, dan mamdud yang terdapat dalam Alquran surat Al-Isra’ dan Al-Kahfi? Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui jenis isim maqshur, manqush, dan mamdud apa saja yang terdapat dalam Alquran surat Al-Isra’ dan Al-Kahfi; (2) x Untuk mengetahui wazan-wazan isim maqshur, manqush, dan mamdud yang terdapat dalam Alquran surat Al-Isra’ dan Al-Kahfi; (3) Untuk mengetahui apa saja i’rob dalam isim maqshur, manqush, dan mamdud yang terdapat dalam Alquran surat Al-Isra’ dan Al-Kahfi; (4) Untuk mengetahui ma’na yang terdapat dalam isim maqshur, manqush, dan mamdud dalam Alquran surat Al-Isra’ dan Al- Kahfi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian library research. Data berupa isim maqshur, manqush, dan mamdud dalam Alquran surat Al-Isra’ dan Al-Kahfi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kartu data dan lembar rekapitulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peneliti menemukan 29 data isim maqshur, manqush, dan mamdud di dalam Alquran surat Al-Isra’ dan Al-Kahfi yang terdiri atas 20 data merupakan isim maqshur, 1 data merupakan isim manqush, dan 8 data merupakan isim mamdud. Dari total 29 data peneliti memilih untuk menganalisis semua. Data tersebut terdiri atas 9 data merupakan isim maqshur qiasi, 11 data merupakan isi maqshur sima’i, 8 data merupakan isim mamdud qiasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alquran; Isim Maqshur; manqush; dan mamdud; Sintaksis; Semantik.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:51
Last Modified: 26 Jun 2019 19:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31785

Actions (login required)

View Item View Item