EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS PADA MATERI NORMANORMA YANG BERLAKU DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUBAH


Annisa Fitriandini Putri, 3301412057 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS PADA MATERI NORMANORMA YANG BERLAKU DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 SUBAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301412057.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (291kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan adalah salah satu mata pelajaran yang penting dalam pembentukan karakter melalui mematuhi aturanaturan dan norma-norma yang berlaku. Oleh karena itu guru harus mengembangkan model pembelajaran diantaranya discovery learning yang dapat melibatkan siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi guru dalam menerapkan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan materi norma dalam kehidupan sehari-hari pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Subah. Metode penelitian adalah kuantitatif dan kualitatif. Fokus penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam menerapkan model pembelajaran discovery learning. Sumber data diperoleh dari informan, peristiwa dan dokumen. Data dijaring dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian (1) terjadi peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran, akan tetapi dilihat dari besarnya selisih nilai pre-test dan post-test, terlihat bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar lebih tinggi, ini menunjukan penerapan model pembelajaran discovery learning lebih efektif daripada model pembelajaran diskusi kelas terhadap hasil belajar PPKn pada kelas VII SMP Negeri 1 Subah. (2) pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan model discovery learning di SMP Negeri 1 Subah melalui kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan pengerjaan tugas individu maupun tugas kelompok yang telah sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran discovery learning yang dibuat. Penerapan model pembelajaran Discovery Learning membuat siswa bertanggung jawab memahami materi yang diberikan oleh guru sehingga interaksi siswa didalam kelas menjadi lebih aktif baik dalam berdiskusi maupun dalam presentasi. Saran yang diberikan penulis adalah (1) bagi guru model pembelajaran discovery learning dapat dijadikan inspirasi dalam proses pembelajaran lebih menarik; (2) Bagi Guru model pembelajaran discovery learning lebih baik diterapkan pada saat pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk ditutut aktif dalam proses pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Model Diskusi Kelas, Norma
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Civic Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 05 Dec 2018 15:32
Last Modified: 05 Apr 2019 14:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31780

Actions (login required)

View Item View Item