PELAKSANAAN PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN PANCASILA DALAM KEGIATAN MUHADHARAH DI PONPES MODERN MUHAMMADIYAH UNGARAN TIMUR


Dyah Ratna Pangestika , 3301411116 (2017) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN PANCASILA DALAM KEGIATAN MUHADHARAH DI PONPES MODERN MUHAMMADIYAH UNGARAN TIMUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301411116.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (419kB) | Preview

Abstract

Pendidikan kepemimpinan Pancasila memiliki spesifikasi dapat meningkatkan jiwa kepemimpinan santri, menjadikan santri mampu tampil dan menerapkan ilmu yang diterima pada lingkungan masyarakat, menjadikan santri mandiri, dan menjadikan santri mempunyai keterampilan untuk berpidato. Untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pendidikan kepemimpinan Pancasila dalam Kegiatan Kegiatan Muhadharah di PONPES Modern Muhammadiyah Ungaran Timur, maka perlu diadakan penelitian terhadap hal tersebut. Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Pendidikan Kepemimpinan Pancasila dalam Kegiatan Muhadharah di PONPES Modern Muhammadiyah Ungaran Timur serta hambatan Pelaksanaan Pendidikan Kepemimpinan Pancasila dalam Kegiatan Muhadharah di PONPES Modern Muhammadiyah Ungaran Timur. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di PONPES Modern Muhammadiyah Ungaran Timur. Informan dalam penelitian ini adalah pimpinan PONPES Modern Muhammadiyah Ungaran Timur, ustad dan ustadzah, dan beberapa santri PONPES Modern Muhammadiyah Ungaran Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah teknik data. Teknik analisis data menggunakan metode analisis data kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan Pendidikan Kepemimpinan Pancasila dalam Kegiatan Muhadharah sudah cukup baik, santri melakukan persiapan dahulu sebelum melaksanakan kegiatan Muhadharah dengan menentukan petugas Muhadharah, membuat teks pidato, media pembelajaran, dan mebghias ruangan kelas yang akan digunakan untuk kegiatan Muhadharah. Santri melaksanakan kegiatan Muhadharah meliputi tahap pendahuluan yang diawali dengan berdoa dan pembacaan nama petugas Muhadharah oleh pembawa acara. Kegiatan inti pelaksanaan Muhadharah dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh petugas Muhadharah dan berda’wah (pidato) oleh petugas Muhadharah. Pada saat pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan pidato seluruh santri yang bertugas sebagai peserta Muhadharah mendengarkan apa yang disampaikan oleh petugas Muhadharah. Tahap penutup, ustad atau ustadzah yang menjadi pendamping Muhadharah memberikan sambutan sekaligus mengoreksi jalannya kegiatan Muhadharah, dan kegiatan Muhadharah di tutup oleh pembawa acara. Hambatan yang dihadapi ustad dan ustadzah dalam viii pelaksanaan pendidikan kepemimpinan Muhadharah yaitu, kurangnya informasi, kurangnya pengalaman, kurangnya ustad dan ustadzah, dan karakter santri. Upaya untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan cara mencari informasi dari PONPES lain, saling bertukar pengalaman antar ustad/ustadzah, memberikan kesempatan kepada guru-guru yang ada di PONPES Modern Muhammadiyah Ungaran Timur untuk ikut serta dalam mendidik santri. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disarankan bagi ustad dan ustadzah agar bisa meminimalkan hambatan dalam kegiatan Muhadharah yaitu dengan mencari informasi dan lebih memahami karakter masing-masing santri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kepemimpinan Pancasila, Muhadharah
Subjects: L Education > Special Education > Civic Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2018 14:33
Last Modified: 04 Apr 2019 18:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31775

Actions (login required)

View Item View Item