PERAN UKM REM DALAM MENGEMBANGKAN PARTISIPASI MAHASISWA DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT


Heru Ferdiansyah, 3301410077 (2017) PERAN UKM REM DALAM MENGEMBANGKAN PARTISIPASI MAHASISWA DALAM MENGEMUKAKAN PENDAPAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301410077.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (382kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Semarang (Unnes) berupaya mewujudkan kehidupan kampus yang demokratis dengan mengakomodasi hak asasi mahasiswanya, khususnya hak kebebasan mengemukakan pendapat. Hal itu dilakukan dengan menyediakan fasilitas untuk menyuarakan pendapat, salah satunya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Radio Ekspresi Mahasiswa (REM). Menurut hasil observasi awal UKM REM kurang dimanfaatkan mahasiswa sebagai sarana mengemukakan pendapat. Tujuan penelitian ini antara lain: (1) mengetahui peran yang dilakukan UKM REM dalam mengembangakan partisipasi mahasiswa dalam mengemukakan pendapat, (2) mengetahui faktor yang mendukung dalam peran UKM REM dalam mengembangakan partisipasi mahasiswa dalam mengemukakan pendapat, (3) mengetahui faktor yang menghambat peran UKM REM dalam mengembangakan partisipasi mahasiswa dalam mengemukakan pendapat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kantor UKM REM Gedung Serba Guna (GSG) lantai 3 kampus Unnes Sekaran. Fokus penelitian ini meliputi: (1) peran yang dilakukan UKM REM dalam mengembangakan partisipasi mahasiswa agar mengemukakan pendapat lewat UKM REM; (2) faktor pendukung yaitu tersedianya sarana dan dukungan dari berbagai pihak; dan (3) faktor penghambat yaitu sumber daya manusia yang belum optimal, daya pancar radio, dan budaya mahasiswa yang sulit berpendapat lewat radio. Sumber data penelitian ini meliputi orang (pengurus UKM REM), tempat (UKM REM, tempat penyiaran, dan tempat berkegiatan), dan simbol (produk REM/siaran Radio UKM REM). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mendapatkan validitas data dalam penelitian ini, digunakan teknik triangulasi teknik pengumpulan data sebagai teknik pemeriksaan data. Tahap analisis data dilakukan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran UKM REM dalam mengembangkan partisipasi mahasiswa dalam mengemukakan pendapat meliputi upaya intern dan ekstern. Peran intern meliputi kegiatan dalam UKM REM sendiri diantaranya: a) manajemen kepengurusan, b) meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), c) meningkatkan kualitas siaran, d) menjalin komunikasi intern dan ekstern organisasi, dan e) evaluasi lembaga. Sedangkan peran ekstern meliputi: a) penyediaan media, b) sosialisasi, c) kemudahan akses, dan d) tindak lanjut. Faktor pendukung dalam peran tersebut adalah tersedianya sarana dan dukungan dari berbagai pihak yang meliputi universitas, anggota senior, mahasiswa, lembaga kemahasiswaan, dan sponsor. Faktor yang menghambat peran tersebut adalah sumber daya manusia yang belum optimal, daya pancar radio, dan budaya mahasiswa yang sulit berpendapat lewat radio. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagi UKM REM, hendaknya melakukan lebih banyak sosialisasi kepada mahasiswa terkait peran UKM REM dalam mengembangkan partisipasi mahasiswa dalam mengemukakan pendapatnya, bukan hanya lewat acara kampus atau siaran UKM REM saja melainkan langsung memberitahukan kepada mahasiswa, hal itu diperlukan agar mahasiswa yang tidak mengikuti acara kampus dan tidak mendengarkan radio REM bisa mengetahuinya sehingga perannya dapat optimal. Selain itu kepada kru REM dan para penyiar harus mampu memberikan inovasi baru guna mendapatkan produksi siaran radio yang diminati mahasiswa agar lebih menarik dan berkualitas. 2) Bagi mahasiswa dan civitas kampus hendaknya juga ikut berperan aktif dalam mengemukakan pendapatnya terutama lewat fasilitas yang disediakan UKM REM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Unit Kegiatan Mahasiswa, Pers, Radio, Radio Ekspresi Mahasiswa, Hak berpendapat
Subjects: L Education > Special Education > Civic Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2018 14:23
Last Modified: 04 Apr 2019 17:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31774

Actions (login required)

View Item View Item