HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS XI SMAN 1 KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK
Noor Juni Widiyatmoko, 3301410030 (2017) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS XI SMAN 1 KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (319kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan tidak harus melalui jalur formal baik itu di sekoalh mauun lembaga resmi lainnya. Pendidikan yang sejati berawal dari keluarga dengan orang tua sebagai peran pendidiknya. Ketika orang tua sudah merasa cukup dalam memberikan pendidikan dasar, kemudian seorang anak melanjutkan pendidikannya di sekolah formal. Sampai di sini peran orang tua masih dibutuhkan dlam mengasuh anaknya di rumah sekaligus siswa di sekolah. Karena waktu yang dihabiskan anak lebih sering bersama keluarga. Dalam mengasuh anaknya, orang tua secara sadar maupun tidak menggunakan tiga macam pola asuh yaitu: (1). Pola asuh demokratis, (2). Pola asuh permisif, (3). Pola Asuh otoriter Tujuan penelitian ini antara lain: (1). Untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi siswa. (2). Seberapa besar hubungan pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Karanganyar Demak. Fokus penelitian ini meliputi: (1) Pola asuh yang digunakan orang tua dalam mendidik anaknya dirumah; (2) Motivasi untuk berprestasi yang dipunyai oleh siswa di sekolah. Sumber data penelitian ini meliputi orang (siswa kelas XI SMAN 1 Karanganyar Demak), tempat (kelas SMAN 1 Karanganyar Demak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan penyebaran angket. Untuk mendapatkan validitas data dalam penelitian ini, digunakan teknik konstrak (Construct Validity). Sedangkan uji validitas menggunakan uji validitas internal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dan motivasi berprestasi siswa, ada sedikit hubungan antara pola asuh permisif dan motivasi berprestasi siswa, dan hubungan yang kecil sekali atau bias dikatakan tidak ada hubungan antara pola asuh otoriter dan motivasi berprestasi siswa. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1). adanya hubungan yang erat antara pola asuh demokratis dengan motivasi berprestasi siswa, kiranya informasi ini dapat didayagunakan. (2). Perlu dikaji lebih jauh guna mengetahui seberapa besar hubungan pola asuh orang tua terhadap motivasi berprestasi siswa untuk penelitian selanjutnya. (3). Sejalan dengan pola asuh orang tua yang baik yaitu pola asuh demokratis perlu dikembangkan, diadakan penelitian tentang faktor-faktor lain dengan tidak mengesampingkan pola asuh dan otoriter.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh, Orang Tua, Siswa, Motivasi, Prestasi |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting L Education > Special Education > Civic Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 05 Dec 2018 13:54 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 18:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31771 |
Actions (login required)
View Item |