IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PRAKTIK BELAJAR KEWARGANEGARAAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 01 KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN


MUSTIKA C W , 3301410011 (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PRAKTIK BELAJAR KEWARGANEGARAAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 01 KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301410011.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (366kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui penerapan praktik belajar kewarganegaraan pada perencanaan pembelajaran di SMP Negeri 01 Kajen. Untuk mengatahui penerapan pratik belajar kewarganegaraan pada pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 01 Kajen. Untuk mengatahui faktor pendukung dan penghambat implementasi Praktik belajar kewarganegaraan pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 01 Kajen ? Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 01 Kajen dengan fokus penelitian penerapan praktik belajar kewarganegaraan, hambatan yang ditemui dalam pelaksanaannya serta solusi untuk mengatasi hambatan yang dihadapi dalam model praktik pembelajaran kewarganegaraan pada mata pelajaran PPKn yang diterapkan di kelas VII di SMP Negeri 01 Kajen. Metode penelitian ini yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh berasal dari informan (kepala sekolah, guru, dan siswa), aktivitas praktik belajar kewarganegaraan, serta dokumen sekolah berupa perangkat pembelajaran dan dokumentasi penerapan praktik belajar yang pernah dilaksanakan sebelumnya. Pengujian validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi alat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SMP Neger 01 Kajen sudah menunjukkan pemahaman yang baik tentang praktik belajar kewarganegaraan diukur dari desain pembelajaran yang dibuat sudah menggambarkan praktik belajar kewarganegaraan. Penerapan praktik belajar kewarganegaraan pada pembelajaran PPKn sudah memperlihatkan dampak yang cukup positif pada beberapa aspek keterampilan kewarganegaraan siswa terutama pada aspek keterampilan menjawab, bertanya, berdiskusi, dan berpartisipasi aktif. Faktor penghambat implementasi praktik belajar kewarganegaraan dalam pembelajaran PPKn adalah terkait dengan mempersiapkan kelengkapan pembelajaran yang relatif lebih lama. Faktor penghambat tersebut diminimalisir dengan ketersedian sarana dan prasarana yang memadai, sharing antar guru, serta kepemimpinan dan kebijakan kepala sekolah... Saran dari penelitian ini yaitu: (1) bagi guru perlu memperbaiki praktik belajar kewarganegaraan dalam proses pembelajaran mengingat banyak kelebihan model ini untuk mengembangkan karakteristik berpikir kritis dan mencapai komptensi yang diharapkan. Dalam proses pembelajaran, guru perlu pemetaan materi, kompetensi yang diharapkan serta elemen dan indikator berpikir kritis yang hendak dikembangkan, supaya dalam proses pembelajaran selain memberikan materi juga memberikan pemahaman tentang berpikir kritis dan bagaimana aplikasi berpikir kritis Hal ini harus dilakukan agar proses belajar tidak hanya didominasi oleh hafalan dan penguasaan materi tetapi juga mengembangkan ketrampilan, Secara teknis-pedagogis pengajar perlu mengajak mahasiswa untuk melakukan refleksi atas apa yang telah dicapai, permasalahan mana yang belum terpecahkan melalui pengkajian masalah yang telah dilakukan. (2) bagi sekolah sebagai wujud dari ide-ide yang terdapat dalam prinsip untuk membentuk sumber daya yang unggul bagi pembangunan bangsa maka sudah barang tentu Kepala Sekolah SMP Negeri 01 Kajen Pekalongan mendorong para guru untuk melakukan pembelajaran yang lebih inovatif, Memberi pelatihan kepada para guru untuk pembelajaran yang lebih inovatif dengan memasukkan agenda bagi pengembangan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Praktik Belajar Kewarganegaraan, Pembelajaran, PPKn
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2018 19:49
Last Modified: 05 Apr 2019 19:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31770

Actions (login required)

View Item View Item