PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN ANAK (Studi Kasus pada Keluarga Miskin di Desa Kangkung Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak)


Indah Setyorini , 1201404075 (2010) PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN ANAK (Studi Kasus pada Keluarga Miskin di Desa Kangkung Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN KELUARGA  DALAM PENDIDIKAN ANAK  (Studi Kasus pada Keluarga Miskin di Desa Kangkung Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak)]
Preview
PDF (PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN ANAK (Studi Kasus pada Keluarga Miskin di Desa Kangkung Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak)) - Published Version
Download (469kB) | Preview

Abstract

Pendidikan dalam keluarga mempunyai peran yang strategis dan amat menentukan pencapaian mutu sumber daya manusia. Penyelenggaraan pendidikan keluarga tidak sekedar berperan sebagai pelaksana yang bersifat rutin dan alamiah, melainkan berperan sebagai pengelola yang bertanggung jawab dalam meletakkan landasan, bobot arah dan pola-pola kehidupan anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Peran Keluarga Miskin dalam Pendidikan Anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Kangkung, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Fokus penelitian adalah keluarga miskin. Sumber data penelitian diambil dari subyek penelitian, yaitu 4 keluarga miskin di Desa Kangkung. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi berdasarkan sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif melalui 4 tahap, yaitu tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa peran keluarga miskin dalam pendidikan anak, yaitu keluarga miskin menganggap bahwa pendidikan sangat penting bagi anak. Oleh karena itu peran keluarga miskin sangat mempengaruhi pendidikan anak meliputi pendidikan formal, informal, dan non formal. Pendidikan formal, peran orang tua dalam memotivasi dengan cara menemani dan mengingatkan anak-anaknya dalam belajar. Pendidikan informal, penanaman proses sosialisasi dalam keluarga sangat mempengaruhi perilaku anak baik di lingkungan masyarakat maupun sekolah. Orang tua mengajarkan sopan santun dan mengawasi pergaulan anak-anaknya dalam berinteraksi di lingkungan sekitar. Pendidikan non formal, meskipun dalam kondisi ekonomi seadanya, peran keluarga yang meliputi sosial, afeksi, status, perlindungan, dan ekonomi sebisa mungkin diberikan. Orang tua menanamkan norma agama yaitu mengajarkan sholat 5 waktu dan mengaji. Saran yang diajukan peneliti, yaitu orang tua disarankan untuk tetap memperhatikan proses belajar anak dan berperilaku sesuai dengan etika norma budaya masyarakat sebagai pedoman bagi anak-anaknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, Keluarga Miskin, dan Pendidikan Anak.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2011 03:17
Last Modified: 25 Apr 2015 05:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3177

Actions (login required)

View Item View Item