PENINGKATAN DAYA SAING KOMODITAS SINGKONG BERBASIS SPASIAL DI KABUPATEN WONOGIRI
Dewi Kartika Maharani Praswida, 3211413047 (2017) PENINGKATAN DAYA SAING KOMODITAS SINGKONG BERBASIS SPASIAL DI KABUPATEN WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (412kB) | Preview |
Abstract
Menurunnya nilai ekonomis komoditas singkong sebagai bahan pangan dan mata pencaharian utama penduduk Wonogiri menjadi masalah yang tidak sederhana sehingga perlu adanya peningkatan daya saing agar komoditas singkong mengalami kenaikan nilai jual. Identifikasi keunggulan komparatif dan kompetitif adalah langkah awal untuk merumuskan arahan pengembangan komoditas singkong. Pemetaan sebaran tingkat produksi komoditas singkong menggunakan ArcGis 10.1 juga menjadi dasar dalam menentukan peningkatan daya saing. Matriks tipologi klassen digunakan sebagai acuan dalam menentukan arahan. Obyek penelitian meliputi komoditas singkong dan penduduk petani singkong di Wonogiri yang diambil secara snowball sampling. Data dikumpulkan baik dokumentasi, observasi dan studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga kategori keunggulan komparatif komoditas singkong di Kabupaten Wonogiri yaitu: (a) Sektor basis, Terspesialisasi dan Ekspor, (b) Sektor non basis, Tidak Terspesialisasi dan Non Ekspor, dan (c) Sektor Seimbang dan Terspesialisasi dengan Wilayah Acuan dan Non Ekspor. Keunggulan kompetitif berdasarkan analisis shift share dikelompokkan dalam kategori pertumbuhan lambat dan kategori pertumbuhan cepat. Keunggulan kompetitif berdasarkan analisa biaya dikelompokkan dalam (a) arahan alternatif I, (b) arahan alternatif II, (c) arahan alternatif III, dan (d) arahan altenatif IV. Pola sebaran produksi komoditas singkong di Kabupaten Wonogiri adalah mengelompok. Arahan pengembangan komoditas singkong dibagi menjadi tiga macam arahan yaitu: (a) sentra produsen, (b) sentra pengolah, dan (c) sentra produsen dan pengolah. Berdasarkan pada lokasi wilayah, lokasi pemasaran diarahkan di dua wilayah yaitu wilayah utara di Kecamatan Ngadirojo yang merupakan pusat perdagangan lintas kabupaten dengan Kabupaten Karanganyar dan wilayah selatan Kecamatan Pracimantoro yang merupakan pusat perdagangan lintas provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keunggulan Komparatif, Keunggulan Kompetitif, Distribusi Spasial dan Arahan Pengembangan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 04 Dec 2018 18:32 |
Last Modified: | 29 Mar 2019 18:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31765 |
Actions (login required)
View Item |