PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IMLA’ UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VII MTS


Rana Nailia , 2303412056 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IMLA’ UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VII MTS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IMLA’ UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VII MTS]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IMLA’ UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VII MTS) - Published Version
Download (558kB) | Preview

Abstract

Kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VII MTs At-Tawqa Bandar dalam belajar bahasa Arab yaitu pada keterampilan menulis Arab, dikarenakan sebagian siswa ada yang pernah belajar bahasa Arab dan ada yang belum mempelajarinya sama sekali. Oleh karena itu, peneliti mencoba mengembangkan Bahan Ajar Imla’ untuk menunjang keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VII MTs At-Taqwa Bandar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap bahan ajar imla’ untuk keterampilan menulis bahasa Arab? 2) bagaimana prototype dari bahan ajar imla’ untuk keterampilan menulis bahasa Arab? 3) bagaimana penilaian guru bahasa Arab dan ahli terhadap prototipe bahan ajar imla’. Penelitian ini menggunakan desain research and development (R&D). Tahapan penelitian yang dilalui dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap enam, yaitu uji coba produk pada kelompok terbatas. Hasil penelitian ini adalah guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan bahan ajar imla’ untuk keterampilan menulis bahasa Arab kelas VII MTs yang berbentuk buku. Isi dalam buku imla’ sendiri yaitu tentang materi imla’ dan latihan per bab disertai bacaan bahasa Arab yang disesuaikan dengan materi kelas VII MTs semester genap. Hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan yang dihasilkan dari nilai siswa mengerjakan soal tes menunjukkan t hitung 25,46 dan hasil penilaian siswa melalui observasi menunjukkan t hitung 26,67. Semua jatuh di daerah penerimaan Ha, dan Ho ditolak. Hasil analisis SWOT juga menunjukkan bahwa kelebihan yang dimiliki produk baru lebih banyak dibandingkan dengan produk lama, dan kelemahan produk baru lebih sedikit dari produk lama. Sehingga produk baru lebih efektif dari produk lama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Imla’, Keterampilan Menulis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:51
Last Modified: 26 Jun 2019 19:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31764

Actions (login required)

View Item View Item