ARABIC EDUCATIVE GAME PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 BAGI SISWA KELAS VIII MTs DI KABUPATEN GROBOGAN


Nurul Amirin Budiyono , 2303412048 (2017) ARABIC EDUCATIVE GAME PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 BAGI SISWA KELAS VIII MTs DI KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ARABIC EDUCATIVE GAME PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 BAGI SISWA KELAS VIII MTs DI KABUPATEN GROBOGAN]
Preview
PDF (ARABIC EDUCATIVE GAME PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 BAGI SISWA KELAS VIII MTs DI KABUPATEN GROBOGAN) - Published Version
Download (411kB) | Preview

Abstract

Permasalahan siswa yang merasa kesulitan dalam pembelajaran membaca yang disebabkan oleh tidak adanya media pembelajaran sehingga mengurangi kreatifitas siswa dan karakteristik media game edukasi yang kompetitif dan dapat mengasah kreatifitas. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah game edukasi sebagai media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dalam belajar. Ada beberapa kelebihan dari game edukasi dibandingkan metode konvensional. Salah satu kelebihan utamanya adalah pada visualisasi permasalahan nyata. Tujuan penelitian ini: (1) Mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap Arabic Educative Game berbasis Macromedia Flash 8 untuk keterampilan membaca, (2) Mengetahui prototype Arabic Educative Game berbasis Macromedia Flash 8 untuk keterampilan membaca bahasa Arab, (3) Mengetahui validitas ahli dan guru terhadap produk Arabic Educative Game berbasis Macromedia Flash 8 untuk keterampilan membaca bahasa Arab, dan (4) Mengetahui efektivitas hasil uji coba terhadap Arabic Educative Game untuk keterampilan membaca bahasa Arab dengan kelas uji coba adalah kelas VIII A MTs Negeri Jeketro Kab.Grobogan. Desain penelitian ini adalah research and development (R&D). Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan non tes. Alat pengambilan data tes berupa soal tes untuk siswa berdasarkan materi yang sudah diajarkan. Alat data non tes yang digunakan berupa wawancara, observasi siswa terhadap kecepatan pemahaman, kreativitas, dan hasil belajar, serta angket kebutuhan guru dan siswa, angket uji validitas ahli terhadap Arabic Educative Game berbasis Macromedia Flash 8 dan dokumentasi foto. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan menunjukkan guru dan siswa menghendaki sebuah media game edukasi yang memuat enam kompunen utama yaitu KI dan KD, Kosakata, Bacaan, Evaluasi, dan Profil. Pada game ini terdiri tema tema, yaitu jam, aktifitas di rumah, dan aktifitas di sekolah. Game Play terdiri atas 3 level sesuai dengan tema yang akan dipelajari siswa kelas VIII di semester ganjil. Penilaian ahli media dan ahli materi menujukkan hasil kesesuaian pada aspek rekayasa perangkat lunak, komunikatif, visual, audio, kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kontekstual. Hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan yang dihasilkan dari nilai siswa mengerjakan soal tes menunjukkan t hitung 62,35 dan hasil penilaian siswa melalui angket menujukkan t hitung 26,52. Semuanya jatuh di daerah penerimaan Ha, sehingga Ha diterima. Adapun t tabel 2,05 jatuh pada ix penerimaan Ho, sehingga penggunaan Arabic Educative Game lebih efektif dari sebelum penggunaan Arabic Educative Game.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Game Edukasi, Macromedia Flash 8, dan Keterampilan Membaca
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:50
Last Modified: 26 Jun 2019 19:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31761

Actions (login required)

View Item View Item