KEEFEKTIFAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI SUMBANG BANYUMAS TAHUN AJARAN 2015/2016


: Siti Muhlisoh , 2303412047 (2017) KEEFEKTIFAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI SUMBANG BANYUMAS TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI SUMBANG BANYUMAS TAHUN AJARAN 2015/2016]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI SUMBANG BANYUMAS TAHUN AJARAN 2015/2016) - Published Version
Download (374kB) | Preview

Abstract

Berbicara merupakan salah satu kemampuan keterampilan berbahasa yang ingin dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa termasuk bahasa Arab. Latar belakang pendidikan siswa di MTs N Sumbang Banyumas adalah mayoritassiswa yang lulusan Sekolah Dasar (SD) membuat mereka minim dalam penguasaan kosakata bahasa Arab. Hal itu menyebabkan siswa takut dan malu untuk berbicara menggunakan bahasa Arab. Oleh karena itu, perlu adanya pembelajaran yang menarik sehingga siswa termotivasi belajar dengan aktif dan menyenangkan. Salah satunya adalah dengan permainan ular tangga untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan permainan ular tangga bagi peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas VII di MTs Negeri Sumbang Banyumas tahun ajaran 2015/2016?, (2) bagaimana keefektifan permainan ular tangga bagi peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas VII di MTs Negeri Sumbang Banyumas tahun ajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan permainan ular tangga bagi peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas VII di MTs N Sumbang Banyumas tahun ajaran 2015/2016. (2) bagaimana keefektifan permainan ular tangga bagi peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas VII di MTs Negeri Sumbang Banyumas tahun ajaran 2015/2016?. Desain penelitian ini adalah quasi-eksperiment dengan tipe non-equivalent pretest-posttest control group design, karena kelompok eksperimen (A) dan kelompok kontrol (B) diseleksi tanpa prosedur penempatan acak. Pada kedua kelompok tersebut sama-sama diberikan pretest dan posttest. Hanya kelompok eksperimen (A) yang mendapat treatment. Data dihitung menggunakan uji reliabilitas instrumen, uji normalitas, uji kesamaan dua varians, dan uji t untuk membuktikan hipotesis peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan. Nilai rata-rata kelas kontrol dari 73,4 menjadi 77,36 dan nilai rata-rata kelas eksperimen dari 73,6 menjadi 80,8 dan diperoleh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan Ular Tangga, Keterampilan Berbicara
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:50
Last Modified: 26 Jun 2019 19:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31760

Actions (login required)

View Item View Item