AL-AF’AL AL-KHOMSAH DALAM “THOROIQU TADRIS AL-ADAB WA AL BALAGHAT WA AT-TA’BIR BAINA AT-TANDZIR WA AT-TATHBIQ” (ANALISIS MORFOSINTAKSIS)


: Zulinda Kamilatul Husnia , 2303412042 (2017) AL-AF’AL AL-KHOMSAH DALAM “THOROIQU TADRIS AL-ADAB WA AL BALAGHAT WA AT-TA’BIR BAINA AT-TANDZIR WA AT-TATHBIQ” (ANALISIS MORFOSINTAKSIS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of AL-AF’AL AL-KHOMSAH DALAM “THOROIQU TADRIS AL-ADAB WA AL BALAGHAT WA AT-TA’BIR BAINA AT-TANDZIR WA AT-TATHBIQ” (ANALISIS MORFOSINTAKSIS)]
Preview
PDF (AL-AF’AL AL-KHOMSAH DALAM “THOROIQU TADRIS AL-ADAB WA AL BALAGHAT WA AT-TA’BIR BAINA AT-TANDZIR WA AT-TATHBIQ” (ANALISIS MORFOSINTAKSIS)) - Published Version
Download (325kB) | Preview

Abstract

Al-af’al al-khomsah adalah fi’il mudlori’ yang disertai dengan huruf maadah (alif, waw dan ya’) dan diikuti dengan huruf nun, yang mana dalam bahasa Arab hanya ada lima. Berdasarkan karakteristiknya yang unik, peneliti tertarik untuk mengkaji tentang al-af’al al-khomsah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis Al-af’al al-khomsah berdasarkan huruf penyusunnya, mengetahui modus pada Al-af’al al-khomsah, dan untuk mengetahui penanda akhir pada Al-af’al al-khomsah dalam kitab Thoroiqu Tadrisi Al-Adabi Wa Al-Balaghati Wa At-Ta’biri Baina At-Tandzir Wa At-Tathbiq. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Desain penelitian ini adalah library research. Data dalam penelitian ini merupakan data tertulis berupa Alaf’al al-khomsah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data menggunakan model analisis isi yang diadaptasi dari krippendorff. Ditemukan 152 al-af’al al-khomsah. Dari 152 data yang diperoleh, data yang dianalisis hanya 55 data. Berkaitan dengan jenis fi’il berdasarkan huruf penyusunnya, telah ditemukan 36 data merupakan fi’il shachih dan 19 data merupakan f’il mu’tal. 36 data berupa fi’il shachih terdiri atas 26 data fi’il shachih salim, 8 data fi’il shachih mudlo’af, dan 2 data fi’il shachih mahmuz. 19 data merupakan fi’il mu’tal yang terdiri atas 3 fi’il mu’tal mitsal, 11 fi’il mu’tal ajwaf, 4 fi’il mu’tal naqish dan 1 fi’il mu’tal lafif mafruq. Berkaitan dengan modus, telah ditemukan 26 data al-af’al al-khomsah bermodus indikatif (rafa’), 26 data al-af’al al-khomsah bermodus subjungtif (nashab) dan 3 data al-af’al alkhomsah bermodus jusif (jazm). Berkaitan dengan desinen, ditemukan 26 data alaf’al al-khomsah yang desinennya berupa tetapnya huruf nun, 29 data al-af’al alkhomsah yang desinennya berupa dibuangnya huruf nun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: al-af’al al-khomsah; kitab Thoroiqu Tadrisi Al-Adabi Wa Al- Balaghati Wa At-Ta’biri Baina At-Tandzir Wa At-Tathbiq; morfologi; sintaksis.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:50
Last Modified: 26 Jun 2019 19:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31759

Actions (login required)

View Item View Item