EFEKTIFITAS TEKNIK KANCING GEMERINCING MELALUI MEDIA PAPAN KANTONG TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 SEMARANG


Yudi Susilo, 2303412019 (2017) EFEKTIFITAS TEKNIK KANCING GEMERINCING MELALUI MEDIA PAPAN KANTONG TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIFITAS TEKNIK KANCING GEMERINCING MELALUI MEDIA PAPAN KANTONG TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 SEMARANG]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS TEKNIK KANCING GEMERINCING MELALUI MEDIA PAPAN KANTONG TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 SEMARANG) - Published Version
Download (856kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MTS N 1 Semarang pada kelas VII pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab, pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab belum maksimal. Hal tersebut dikarenakan variasi dalam penggunaan teknik pembelajran dan penggunaan media yang belum maksimal, sehingga pembelajaran yang berlangsung terkesan monoton dan menjadikan siswa bermalas-malasan dalam pembelajaran. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan adanya variasi dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab. Variasi tersebut adalah dengan menggunakan teknik pembelajaran kancing gemerincing yang dipadukan dengan mediapapan kantong. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab kelas VII MTS N 1 Semarang dengan menggunakan teknik kancing gemerincing melalui media papan kantong? (2) Bagaimana perubahan sikap siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab setelah menggunakan teknik kancing gemerincing melalui media papan kantong? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dan kelas kontrol kemudian diberi pretest dan posttest, namun hanya kelas eksperimen yang diberi perlakuan sedangkan kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Data yang diperoleh kemudian dihitung dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dan untuk membuktikan hipotesis penelitian data dihitung menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis bahasa Arab dengan menggunakan teknik kancing gemerincing melalui media papan kantong. nilai rata-rata kelas eksperimen 61,74 menjadi 79,47. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 63 menjadi 73. Dan setelah dihitung diperoleh nilai thitung sebesar 2,40 dan ttabel sebesar 1,672. Dengan demikian nilai ttabel < thitung, maka hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah hipotesis kerja atau alternatif (Ha) yaitu pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab dengan menggunakan teknik kancing gemerincing melalui media papan kantong lebih efektif dibandingkan tidak menggunakan teknik kancing gemerincing melalui media papan kantong.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teknik Kancing Gemerincing, Media Papan Kantong, Maharah Kitabah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:45
Last Modified: 26 Jun 2019 19:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31755

Actions (login required)

View Item View Item