EVALUASI SEBARAN LOKASI DAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM BERBASIS APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KABUPATEN DEMAK


ERNA PUJI ASTUTIK, 3211413017 (2017) EVALUASI SEBARAN LOKASI DAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM BERBASIS APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211413017.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (348kB) | Preview

Abstract

Demak sebagai kabupaten dengan sektor industri yang sedang berkembang berakibat pada peningkatan dan kepadatan kendaraan. Peningkatan jumlah kendaraan menyebabkan adanya konsumsi bahan bakar minyak semakin tinggi dan cenderung tidak efisien. Peningkatan tersebut mempengaruhi keberadaan dan menuntut adanya ketersediaan SPBU guna memenuhi kebutuhan konsumen akan bahan bakar minyak. Tujuan dari penelitian, yaitu: (1) Mengetahui pola sebaran lokasi SPBU di Kabupaten Demak; (2) Menganalisis kesesuaian lokasi SPBU di Kabupaten Demak; (3) Menganalisis tingkat kepuasan konsumen SPBU di Kabupaten Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah SPBU di wilayah Kabupaten Demak sebanyak 20 buah, semua SPBU dijadikan sampel atau menggunakan teknik total sampling. Sampel untuk tingkat kesesuaian lokasi SPBU berdasarkan hasil perhitungan parameter jarak terdekat antar SPBU, status jalan, pelayanan jalan, dan kebutuhan BBM. Sampel untuk kepuasan konsumen menggunakan teknik incidental sampling. Variabel penelitian adalah (1) Variabel sebaran dan kesesuaian lokasi SPBU: jumlah, jarak terdekat, dan lokasi SPBU, jumlah dan jenis kendaraan bermotor, dan kepadatan lalu lintas; (2) Variabel tingkat kepuasan konsumen: keadaan fisik, empati, kehandalan, jaminan, dan daya tanggap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebaran SPBU berbasis Sistem Informasi Geografis yaitu ArcGIS di Kabupaten Demak tersebar sepanjang jalan utama dengan pola sebaran yaitu pola tersebar tidak merata/acak (random pattern); Kelas kesesuaian lokasi dari 20 SPBU di wilayah Kabupaten Demak dengan rata-rata hasil perhitungan sebesar 65 % masuk dalam kriteria Sesuai (S2); Kepuasan konsumen terhadap pelayanan dari pihak SPBU termasuk dalam kategori Baik dengan nilai 4.991. Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) pola sebaran spasial SPBU di Kabupaten Demak tersebar sepanjang jalan utama pola sebaran yaitu pola tersebar tidak merata/acak (random pattern) (2) Kelas kesesuaian SPBU masuk dalam kriteria Sesuai, (3) Kepuasan konsumen terhadap pelayanan dari pihak SPBU termasuk dalam kategori Baik. Adapun saran dalam penelitian ini: (1) pihak pemerintah dan PT. Pertamina hendaknya lebih ketat dalam memberikan persyaratan ijin lokasi dan perlu dilakukan kajian yang mendalam tentang aspek parameter persyaratan lokasi SPBU secara akademis agar lingkungan tetap terjaga, (2) pengusaha SPBU sebaiknya meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: SPBU, Kepuasan Konsumen, Sistem Informasi Geografis
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2018 18:09
Last Modified: 02 Apr 2019 19:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31752

Actions (login required)

View Item View Item