PENYERAPAN EMISI KARBON DARI KENDARAAN BERMOTOR, PENGGUNAAN GENSET, DAN KONSUMSI LISTRIK OLEH POHON DI KAMPUS UNNES SEKARAN


Abdul Chamid, 3211413003 (2017) PENYERAPAN EMISI KARBON DARI KENDARAAN BERMOTOR, PENGGUNAAN GENSET, DAN KONSUMSI LISTRIK OLEH POHON DI KAMPUS UNNES SEKARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211413003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (420kB) | Preview

Abstract

Emisi merupakan gas buang di atmosfer yang merupakan sisa pembakaran dari bahan bakar fosil baik itu bahan bakar bensin, solar, gas atau energi listrik. Emisi di UNNES dihasilkan dari berbagai sumber yaitu, dari kendaraan bermotor, penggunaan genset, dan konsumsi listrik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui sebaran, jenis, dan jumlah pohon, (2) Menghitung emisi karbon dari kendaraan bermotor, penggunaan genset, dan konsumsi listrik, (3) Menganalisis kemampuan pohon dalam menyerap emisi karbon yang dihasilkan di kampus UNNES. Lokasi penelitian berada di kampus UNNES Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Populasi penelitian ini adalah pohon dan emisi yang ada di kampus UNNES. Pengambilan sampel menggunakan sampling area, proportional random sampling dan purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu sebaran pohon, konsumsi bahan bakar minyak, konsumsi listrik, emisi karbondioksida dan kemampuan pohon dalam menyerap emisi. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis desktiptif, analisis besaran emisi, analisis daya serap emisi, serta analisis komparasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah pohon yang ada di UNNES berjumlah 10.264 pohon. Total emisi yang dihasilkan di UNNES adalah 7.862.281,56 Kg/tahun, wilayah penghasil emisi tertinggi adalah FIS,FE,FH (22,28%). Kemudian persentase wilayah lainnya secara berurutan yaitu Kawasan Rektorat (22,64%), FT (15%), FBS (12%), FMIPA (11%), FIK (8,30%), dan yang paling rendah FIP sebesar 8,07%. Sedangkan daya serap emisi oleh pohon di UNNES adalah 6.289.250,38 Kg/tahun. Artinya masih ada emisi sebesar 1.575.031,18 Kg/tahun yang belum terserap oleh pohon. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan untuk (1) Para pembuat kebijakan di kampus UNNES lebih memperhatikan penggunaan listrik, karena konsumsi listrik di UNNES terbilang tinggi, terutama untuk penggunaan AC (2) Bagi dosen, mahasiswa, dan karyawan yang ada di kampus UNNES dapat memanfaatkan energi baik itu bensin, solar, ataupun listrik dengan arif dan bijaksana agar kelestarian lingkungan tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Emisi Karbon, Penyerapan Emisi oleh Pohon
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2018 18:05
Last Modified: 30 Mar 2019 15:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31751

Actions (login required)

View Item View Item