PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IPS DI SMA N 1 PEJAGOAN KEBUMEN TAHUN 2016/2017


Eka Maftukhatul K, 3201412161 (2017) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IPS DI SMA N 1 PEJAGOAN KEBUMEN TAHUN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412161.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (387kB) | Preview

Abstract

Penggunaan model pembelajaran inkuiri di SMA N 1 Pejagoan pada mata pelajaran geografi kelas XI terlihat pada RPP yang digunakan guru, menghasilkan rata-rata hasil belajar 77, sedangkan pembelajaran geografi menggunakan model konvensional didapatkan rata-rata 76. Persentase jumlah siswa tuntas dalam penggunaan model pembelajaran inkuiri yaitu sebesar 72,6%, sedangkan pada model konvensional yaitu sebesar 69,5%. Terjadi perbedaan sebesar 3,1%. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah seberapa besar tingkat aktivitas belajar siswa dalam model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran geografi kelas XI? dan apakah ada pengaruh aktivitas belajar dalam model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran geografi kelas XI terhadap hasil belajar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat aktivitas belajar dalam model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran geografi kelas XI dan untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar dalam model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran geografi kelas XI terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA N 1 Pejagoan sebanyak 176 siswa dan diambil sampel sebanyak 35 siswa dengan teknik proportional random sampling. Variabel yang diteliti yaitu aktivitas belajar siswa dalam model pembelajaran inkuiri dan hasil belajar siswa dari ulangan harian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa dalam model pembelajaran inkuiri dapat diketahui rata-rata aktivitas siswa menyadari masalah sebesar 4,54, merumuskan hipotesis sebesar 4,84, dan mengumpulkan data sebesar 7,10. Ketiga aktivitas tersebut masuk dalam kategori rendah. Sedangkan, rata-rata aktivitas merumuskan masalah sebesar 6,18, menguji hipotesis sebesar 8,83, menyusun dan mempresentasikan laporan sebesar 5,90. Ketiga aktivitas tersebut masuk dalam kategori tinggi. Secara umum tingkat aktivitas belajar siswa dalam model pembelajaran inkuiri menunjukkan rata-rata sebesar 37,40, termasuk dalam kategori tinggi. Hasil korelasi antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar diperoleh rhitung sebesar 0,592 masuk dalam kategori sedang. Hasil perhitungan rumus t menghasilkan thitung sebesar 4,22, kemudian dibandingkan dengan ttabel = 2,750, jadi thitung > ttabel dengan demikian ada korelasi yang signifikan. Simpulan dari penelitian ini adalah aktivitas siswa dalam model pembelajaran inkuiri berkategori tinggi dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa memiliki kategori sedang, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara aktivitas siswa dalam model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa karena tidak ix semua siswa yang melakukan aktivitas tinggi mendapatkan hasil belajar yang tinggi pula. Saran yang diajukan adalah aktivitas siswa harus ditingkatkan lagi, terutama pada aktivitas menyadari masalah, merumuskan hipotesis dan mengumpulkan data. Dalam memberikan ulangan harian, guru hendaknya memastikan kondisi peserta didik dan membuat variasi soal yang menarik dan meminimalisir adanya bekerjasama antar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2018 17:54
Last Modified: 04 Apr 2019 17:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31742

Actions (login required)

View Item View Item