EFEKTIVITAS DISKUSI INKUIRI DISERTAI PENERAPAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP N 1 PULOKULON KABUPATEN GROBOGAN


Muhamad Jalil, 4401405522 (2009) EFEKTIVITAS DISKUSI INKUIRI DISERTAI PENERAPAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP N 1 PULOKULON KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS DISKUSI INKUIRI DISERTAI PENERAPAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP N 1 PULOKULON KABUPATEN GROBOGAN]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS DISKUSI INKUIRI DISERTAI PENERAPAN MEDIA POWERPOINT PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP N 1 PULOKULON KABUPATEN GROBOGAN) - Published Version
Download (751kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi kegiatan pembelajaran Biologi di SMP N 1 Pulokulon diperoleh informasi bahwa proses belajar mengajar yang terjadi kurang melibatkan siswa. Tes akhir semester satu untuk mata pelajaran IPA pada tahun pelajaran 2008/2009 diperoleh 35,5% siswa memperoleh nilai ≥ 50, ketuntasan belajar siswa untuk mata pelajaran Biologi di sekolah tersebut adalah 65% siswa mendapatkan nilai ≥ 50. Upaya untuk memecahkan masalah tersebut yaitu dengan menerapkan diskusi inkuiri disertai penerapan media PowerPoint. Diskusi inkuiri dapat membentuk konsep diri (self concept) sehingga siswa terbuka terhadap pengalaman-pengalaman baru, lebih kreatif. Metode tersebut dapat dikombinasikan dengan media PowerPoint yang dapat menampilkan berbagai macam gambar dan data secara jelas. Selain itu media ini cocok untuk menyampaikan materi pada kelas besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas diskusi inkuiri disertai penerapan media PowerPoint dalam pembelajaran materi organisasi kehidupan pada siswa di SMP N 1 Pulokulon. Desain penelitian ini adalah Comparasion Group Design. Populasi dalam penelitian ini siswa VII B, VII E, VII F, dan VII G. Sampel penelitian dengan mempertimbangkan bahwa kelas tersebut guru biologinya sama. Jenis data terdiri dari: (1) afektif dan psikomotorik siswa, didapatkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas dan kinerja siswa selama pembelajaran berlangsung, (2) hasil belajar siswa, didapatkan dengan tes berbentuk pilihan ganda yang diberikan di awal dan akhir v pembelajaran. Analisis data kognitif siswa menggunakan analisis varians, apabila uji F berbeda signifikan maka dilanjutkan uji Beda Nyata Terkecil (BNT), (3) tanggapan siswa dengan menggunakan angket sebelum dan sesudah pembelajaran. Uji F pada post test keempat kelas diperoleh F hitung > F tabel yang berarti diskusi inkuiri disertai penerapan media PowerPoint berpengaruh terhadap hasil belajar. Hasil uji BNT pada post test menunjukkan bahwa kelas eksperimen berbeda nyata dengan kelas pembanding. Hal ini didukung pula oleh perolehan ketuntasan hasil belajar afektif dan psikomotorik yaitu ≥ 85% siswa mencapai kriteria baik dan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa diskusi inkuiri disertai media PowerPoint efektif diterapkan pada materi organisasi kehidupan pada siswa di kelas VII SMP N 1 Pulokulon. Diskusi inkuiri disertai penerapan media PowerPoint dapat dipertimbangkan guru sebagai alternatif metode pembelajaran, karena kombinasi tersebut terbukti efektif meningkatkan hasil belajar materi organisasi kehidupan di SMP N 1 Pulokulon.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Diskusi Inkuiri, Media PowerPoint, Materi Organisasi Kehidupan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2011 02:47
Last Modified: 25 Apr 2015 05:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3174

Actions (login required)

View Item View Item