PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (NUMBERED HEADS TOGETHER) DENGAN MODEL KONVENSIONAL PADA MATERI FUNGSI DAN PERAN SUMBER DAYA ALAM DALAM KEHIDUPAN MANUSIA KELAS VII SMP NEGERI 2 DEMAK TAHUN 2016/2017


Ian Try Antono, 3201412120 (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (NUMBERED HEADS TOGETHER) DENGAN MODEL KONVENSIONAL PADA MATERI FUNGSI DAN PERAN SUMBER DAYA ALAM DALAM KEHIDUPAN MANUSIA KELAS VII SMP NEGERI 2 DEMAK TAHUN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412120.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (243kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu faktor penentu dalam keberhasilan seorang siswa dalam pembelajaran geografi, model-model pembelajaran sangat banyak ragamnya namun hanya beberapa yang digunakan oleh guru geografi untuk menyampaikan materi pembelajaran di sekolah, salah satunya yaitu model konvensional atau berceramah di depan kelas. Kurangnya variasi model pembelajaran dapat mempengaruhi pencapaian hasil belajar siswa. Salah satu alternatif model yang dapat digunakan dalam pembelajaran geografi adalah model Numbered Heads Together. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dalam pembelajaran fungsi dan peran SDA dalam kehidupan manusia terhadap hasil belajar IPS kelas VII SMP Negeri 2 Demak. 2). Mengetahui perbandingan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dengan metode konvensional dalam pembelajaran fungsi dan peran SDA dalam kehidupan manusia kelas VII SMP Negeri 2 Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII Smp Negeri 2 Demak. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan purposif sampling, kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini yaitu pelaksanaan model pembelajaran NHT ditinjau dari kinerja guru, aktivitas belajar, respon siswa dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, angket dan tes. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukan 1). Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT dapat terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan kinerja guru pada kelas eksperimen dan kontrol menunjukan kinerja yang baik dengan persentase 81 % pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol 79 %. Persentase aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 77,5 % termasuk kategori baik. Sementara itu aktivitas pada kelas kontrol sebesar 76,5 % termasuk kategori baik. Siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap penggunaan model Numbered Heads Together. 2) Hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan ix model NHT menunjukan rata-rata 76,86 lebih baik dari kelas kontrol yang menggunakan model konvensional dengan rata-rata 72,58. Hal ini diperkuat hasil uji t yang menunjukan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif , Numbered Heads Together (NHT) , Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2018 17:15
Last Modified: 05 Apr 2019 14:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31739

Actions (login required)

View Item View Item