PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DENGAN MEMANFAATKAN DATA KEPENDUDUKAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ASPEK KEPENDUDUKAN PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI SMA N JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Riris Wahyuni , 3201412116 (2017) PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DENGAN MEMANFAATKAN DATA KEPENDUDUKAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ASPEK KEPENDUDUKAN PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI SMA N JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412116.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (294kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran geografi di kelas XI IPS cenderung melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Metode outdoor study membuat siswa lebih tertarik, bersemangat dan terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran geografi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) aktivitas belajar siswa dalam penerapan metode outdoor study dengan memanfaatkan data kependudukan sebagai sumber belajar materi aspek kependudukan, (2) minat belajar siswa dalam penerapan metode outdoor study dengan memanfaatkan data kependudukan sebagai sumber belajar materi aspek kependudukan, (3) perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif siswa antara pretest dan posttest dalam penerapan metode outdoor study dengan memanfaatkan data kependudukan sebagai sumber belajar materi aspek kependudukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasinya yaitu kelas XI IPS SMA Negeri Jatilawang dan diambil sampel 1 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan uji perbedaan dua rata-rata hasil belajar. Hasil penelitian yaitu: (1) aktivitas belajar siswa kelas XI IPS dalam pelaksanaan pembelajaran geografi secara keseluruhan termasuk kriteria baik. Aktivitas tersebut meliputi: aktivitas mengamati termasuk kriteria baik (87,56%), aktivitas tanya jawab termasuk kriteria tidak baik (45,33%), aktivitas mendengar termasuk kriteria baik (89,78%), aktivitas menulis termasuk kriteria baik (88,44%) dan aktivitas menggambar termasuk kriteria baik (85,78%), (2) minat belajar siswa kelas XI IPS dalam pelaksanaan pembelajaran geografi secara keseluruhan termasuk dalam kriteria berminat (77,25%), (3) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif siswa antara pretest dan posttest kelas XI IPS yaitu rata-rata nilai pretest sebesar 60,9 dan rata-rata nilai posttest sebesar 81,6. Saran yang diajukan yaitu: (1) metode outdoor study dapat dijadikan sebagai variasi pembelajaran agar siswa tidak bosan dengan pemebelajaran di kelas yang monoton, (2) kelemahan yang ada pada kegiatan outdoor study dapat diatasi dengan melakukan persiapan lebih matang yang dicantumkan dan disiapkan melalui Rencana Proses Pembelajaran (RPP), (3) pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dapat dijadikan sebagai bentuk kepedulian antara siswa dengan lingkungan yang ada di sekitarnya, (4) pengenalan variasi metode pembelajaran agar dikaji dalam forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), pelatihan, seminar dan lain-lain, (5) hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jatilawang pada pembelajaran geografi agar ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Outdoor Study, Pembelajaran Geografi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2018 17:08
Last Modified: 04 Apr 2019 18:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31738

Actions (login required)

View Item View Item