EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ASSURE UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAPK AL-IRSYAD DEMAK


Rina Nurhidayanti , 2303412018 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ASSURE UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAPK AL-IRSYAD DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ASSURE UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAPK AL-IRSYAD DEMAK]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ASSURE UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAPK AL-IRSYAD DEMAK)
Download (355kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan menyimak bahasa Arab siswa kelas X MAPK Al-Irsyad Demak tergolong masih rendah, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor baik dari segi sarana yang kurang dimanfaatkan sebagai media, maupun model pembelajaran yang kurang kreatif dan inovatif. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan model dalam pembelajaran, salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran ASSURE. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan dan efektivitas penggunaan model pembelajaran ASSURE dalam pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Arab siswa kelas X MAPK Al-Irsyad Demak?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran ASSURE dalam keterampilan menyimak bahasa Arab siswa kelas X MAPK AL-Irsyad Demak. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan kuasi eksperimen dengan pola nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes tertulis. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan nilai kelompok eksperimen dari hasil pretest ke posttest lebih besar dari kelompok kontrol. Besar peningkatan nilai rata-rata keterampilan menyimak di kelas eksperimen adalah nilai rata-rata pretest 54,40 dan posttest 82,27 meningkat hingga 0,60%. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest adalah 55,27 dan nilai ratarata posttest adalah 64,40. Sehingga terlihat jelas pula bahwa dari nilai pretest ke posttest meningkat 0,20% saja. Dari penghitungan menggunakan rumus t-test, diperoleh thitung = 31,23 sedangkan ttabel untuk untuk N=37 dan dk = 37-1=36 adalah = 2,086 dengan taraf signifikansi 5% . karena thitung berada pada daerah penolakan Ho maka

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ASSURE, Keterampilan menyimak.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:44
Last Modified: 26 Jun 2019 19:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31735

Actions (login required)

View Item View Item