PENYUSUNAN BUKU PENGURANGAN RISIKO BENCANA (PRB) BERBASIS BRAILLE SEBAGAI PENGETAHUAN AWAL MITIGASI BENCANA ALAM BAGI SISWA TUNANETRA DI SLB NEGERI SEMARANG


Anisa Rohmah, 3201412113 (2017) PENYUSUNAN BUKU PENGURANGAN RISIKO BENCANA (PRB) BERBASIS BRAILLE SEBAGAI PENGETAHUAN AWAL MITIGASI BENCANA ALAM BAGI SISWA TUNANETRA DI SLB NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412113.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (323kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan tingkat kerawanan bencana alam yang tinggi akibat posisi geografisnya dan memiliki tingkat risiko bencana yang tinggi akibat kepadatan penduduknya. Kurangnya pengetahuan pengurangan risiko bencana menyebabkan lebih banyak korban jika bencana terjadi, terutama pada masyarakat yang rentan, termasuk parapenyandang tunanetra. Pendidikan merupakan salah satu cara menanamkan pengetahuan mitigasi bencana alam sejak dini kepada masyarakat. Pendidikan mengenai bencana alam pada penyandang tunanetra masih sangat minim. Berdasarkan hasil observasi pada kelas tunanetra di SLB Negeri Semarang, pendidikan kebencanaan masih dalam tahap pengenalan bencana alam saja, sedangkan pendidikan mitigasi bencana belum diterapkan. Oleh sebab itu, peneliti menyusun buku Pengurangan Risiko Bencana (PRB) berbasis braille agar siswa tunanetra dapat mengenal bencana alam dan upaya pengurangan risiko bencana. Tujuan penelitian ini adalah buku Pengurangan Risiko Bencana (PRB) berbasis braille layak sebagai sumber belajar dalam upaya menanamkan pengetahuan mitigasi bencana alam sejak dini kepada anak tunanetra. Penelitian ini merupakan Pre Experimental Design dengan memberikan perlakuan terhadap siswa menggunakan buku berbasis braille. Populasi dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas tunanetra di SLB Negeri Semarang yang dapat membaca tulisan braille. Penentuan sampling menggunakan teknik purposive sampling. Variabe dalam penelitian ini adalah desain, penyususnan, dan uji kelayakan Buku Pengurangan Risiko Bencana (PRB) berbasis braille. Teknik pengumpulan data yaitu dengan dokumentasi, observasi, dan angket. Teknis analisis data yaitu menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan Buku Pengurangan Risiko Bencana (PRB) berbasis braille layak dijadikan sebagai bahan belajar mengenal bencana alam dan pengurangan risiko bencana sebagai upaya menanamkan pengetahuan awal mitigasi bencana alam kepada siswa tunanetra. Perolehan skor total dari hasil uji kelayakan buku oleh guru yaitu 85,9, artinya layak dengan predikat sangat baik. Perolehan skor total dari hasil tanggapan siswa yaitu 78,67, artinya layak dengan predikat baik. Saran dalam penelitian ini yaitu guru diharapkan mampu menanamkan pengetahuan awal mitigasi bencana alam sejak dini kepada siswa tunanetra melalui pembelajaran dengan menggunakan buku Pengurangan Risiko Bencana (PRB) berbasi braille. Siswa diharapkan memiliki kemauan untuk mendalami pengetahuan kebencanaan sebagai upaya pengurangan risiko bencana dengan mempelajari buku Pengurangan Risiko Bencana (PRB) berbasi braille.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Berbasis Braille, Mitigasi Bencana, Tunanetra
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2018 19:34
Last Modified: 05 Apr 2019 14:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31734

Actions (login required)

View Item View Item