PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMA N 1 BANDAR KABUPATEN BATANG


Septy Tia Primavera , 3201412087 (2016) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMA N 1 BANDAR KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412087.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (202kB) | Preview

Abstract

Kondisi lingkungan semakin kritis dan terganggu keseimbangannya sementara kebutuhan manusia semakin meningkat. Masalah yang berkaitan dengan unsur manusia dapat ditanggulangi dengan pendidikan. SMA Negeri 1 Bandar merupakan sekolah Adiwiyata yang memiliki mata pelajaran Keterampilan Lingkungan Hidup, tetapi fakta menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran KLH siswa kelas XI IPS masih ada yang belum tuntas. Tujuan penelitian ini adalah 1.) mengetahui materi mata pelajaran Keterampilan Lingkungan Hidup di SMA N 1 Bandar, 2.) mengetahui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar mata pelajaran Keterampilan Lingkungan Hidup di SMA N 1 Bandar Kabupaten Batang. Objek penelitian meliputi siswa-siswi SMA Negeri 1 Bandar tahun ajaran 2015/2016 dengan populasi sebanyak 701 siswa sehingga diambil sampel sebanyak 70 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuesioner. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kualitatif dan deskripsi persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua materi yang disampaikan dalam pembelajaran ini telah memberikan bekal keterampilan yang dapat dimanfaatkan siswa kapan saja saat siswa berada dilingkungan luar kelas ataupun tempat tinggalnya serta dalam kegiatan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar sudah dilaksanakan dengan baik namun masih kurang maksimal. Kurang maksimalnya kegiatan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar terletak pada kegiatan perencanaan. Bahwa siswa belum mampu membuat perencanaan sehingga mengakibatkan kegiatan siswa pada tahap pelaksanaan serta evaluasi kegiatan mengalami kesulitan dan tidak terarah. Saran, bagi guru agar siswa dilatih membuat rencana sehingga siswa memiliki pedoman dan memfokuskan terhadap apa yang ingin mereka amati serta mengusahakan agar menyediakan siswa alat ukur yang lebih spesifik untuk pengamatan seperti Ph meter, termometer, barometer dll dan pada kegiatan tatap muka perlu di kombinasi dengan metode pembelajaran lain seperti problem solving, metode inquiry dll agar siswa tidak jenuh dan aktif dalam menyoroti setiap masalah dalam kegiatan pembelajaran. Bagi pihak sekolah, sebaiknya memberikan fasilitas peralatan yang lebih spesifik khususnya pada mapel KLH.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Lingkungan, Sumber Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2018 19:20
Last Modified: 22 Nov 2018 19:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31731

Actions (login required)

View Item View Item