PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS SUMBER DAYA ALAM DI KELAS XI IPS SMA IT IHSANUL FIKRI MAGELANG


Irfan Sugianto, 3201412041 (2017) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS SUMBER DAYA ALAM DI KELAS XI IPS SMA IT IHSANUL FIKRI MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412041.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (231kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan cara memberikan pengalaman secara langsung akan menjadikan siswa mudah memahami materi yang akan diberikan. Siswa yang diberikan pembelajaran dengan mengambil informasi secara langsung dilapangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu cara memberikan pembelajaran agar menjadi pengalaman langsung adalah dengan memanfaatkan linkungan sebagai sumber belajar geografi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar geografi pada kompetensi dasar mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam di kelas XI IPS SMA IT Ihsanul Fikri Magelang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian dalam penelitian yaitu siswa SMAN IT Ihsanul Fikri Magelang yaitu 127 siswa kelas XI. Sampel dalam penelitian ini adalah perwakilan dari setiap kelas yang dipilih secara random. Lokasi penelitian dilakukan di SMA IT Ihsanul Fikri Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar tergolong tinggi dengan skor rata-rata 23,78. Dari 40 siswa ada sebanyak 23 siswa yang mendapat nilai dengan kriteria tinggi dalam pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar geografi. Siswa dalam memanfaatkan lingkungan masih ada beberapa kegiatan yang kurang maksimal. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya siswa ketika memilih atau menetapkan alat penelitian untuk penelitian benar-benar dirinci sesuai dengan kebutuhan dan tema penelitian. Siswa dalam mengikuti kegiatan pengamatan dikaitkan dengan pendekatan geografi yang ada yaitu kelingkungan, keruangan dan kewilayahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Sumber Belajar, Lingkungan
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2018 19:12
Last Modified: 05 Apr 2019 13:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31729

Actions (login required)

View Item View Item