EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GEOGRAFI POKOK BAHASAN SIKLUS AIR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK STRIP PADA SISWA KELAS X IPS MAN PURWODADI


Arina Sholiha , 3201412036 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GEOGRAFI POKOK BAHASAN SIKLUS AIR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK STRIP PADA SISWA KELAS X IPS MAN PURWODADI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412036.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (246kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dikatakan berhasil apabila siswa mampu memahami apa yang telah dipelajarinya. Sebelum guru melaksanakan pembelajaran, guru harus menyusun rencana kegiatan pembelajaran. Hasil Observasi awal ditemukan bahwa hasil belajar Geografi di MAN Purwodadi dari materi sebelumnya masih kurang, hal ini terlihat dari ketuntasan belajar siswa yang rata-rata masih kurang dari KKM. Aktivitas belajar siswa cenderung pasif, untuk itu diperlukan model pembelajaran yang efektif diantaranya adalah pemanfaatan media pembelajaran komik strip. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektifitas pembelajaran geografi pokok bahasan siklus air dengan menggunakan media komik strip pada siswa kelas X IPS MAN dari segi hasil belajar, tingkat aktivitas, dan tanggapan siswa. Kriteria efektivitas dalam penelitian ini adalah: 1) ketuntasan hasil belajar secara klasikal, 2) ketercapaian aktivitas siswa, dan 3) tanggapan positif siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian Pre- Eksperimental Design dengan rancangan pre-test and post-test group yang dilakukan di MAN Purwodadi dan subjek penelitian kelas X IPS 1 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 81,56% sehingga dalam kriteria ini sudah efektif. Aktivitas siswa dalam pembelajaran secara klasikal 75,84 % sehingga masuk dalam kategori cukup efektif, sedangkan tanggapan siswa secara klasikal terhadap pembelajaran 79,8 % dalam kategori cukup aktif. Berdasarkan hasil penelitian di atas dikatakan efektif apabila ketiga kriteria yang terdiri dari hasil belajar, aktivitas belajar siswa, dan respon positif siswa sudah sesuai dengan standart efektivitas sehingga data efektivitas pembelajaran dengan menggunakan media komik strip dalam pembelajaran di kelas X IPS 1 MAN Purwodadi cukup efektif hingga sangat efektif. Saran dari penelitian ini adalah mengadakan penelitian yang lebih mendalam baik guru maupun peneliti lain mengenai tingkat keefektifitasan pembelajaran menggunakan media komik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Siklus Air, Komik Strip
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2018 19:08
Last Modified: 05 Apr 2019 13:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31728

Actions (login required)

View Item View Item