KEGIATAN OUTDOOR STUDY DI KAWASAN GUNUNG UNGARAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI BENTUK-BENTUK MUKA BUMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMOWONO BANDUNGAN TAHUN 2016/2017


SARYONO , 3201411079 (2017) KEGIATAN OUTDOOR STUDY DI KAWASAN GUNUNG UNGARAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI BENTUK-BENTUK MUKA BUMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMOWONO BANDUNGAN TAHUN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411079.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (289kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada pembelajaran di SMP N 1 Sumowono Bandungan masih banyak memanfaatkan pembelajaran di dalam kelas yang mengakibatkan timbulnya rasa bosan, jenuh, dan tidak konsentrasi. Permasalahan siswa tersebut dapat diatasi menggunakan inovasi pembelajaran luar kelas dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran outdoor study pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Sumowono. Penelitian ini merupakan penelitian pre exsperimental dengan one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP N 1 Sumowono, Bandungan. Pengambilan sampel dengan tekhnik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis dekskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada kegiatan outdoor study di kawasan Gunung Ungaran termasuk kriteria aktif, hal ini dapat dilihat dari aktivitas tahap persiapan 9,09% dengan kriteria cukup aktif, 69,70% dengan kriteria aktif, 21,21% dengan kriteria sangat aktif, tahap pengumpulan data 12,12% dengan kriteria cukup aktif, 75,76% dengan kriteria aktif, 12,12% dengan kriteria sangat aktif, tahap analisis data 18,18% dengan kriteria cukup aktif, 63,64% dengan kriteria aktif, 18,18% dengan kriteria sangat aktif, dan tahap presentasi hasil laporan 12,12% dengan kriteria cukup aktif, 84,85% dengan kriteria aktif, 3,03% dengan kriteria sangat aktif. Secara umum dapat diketahui aktivitas belajar siswa adalah 7 siswa (21,21%) dengan kriteria cukup aktif, 23 siswa (69,70%) dengan kriteria aktif, dan 3 siswa (9,09%) dengan kriteria sangat aktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan outdoor study di kawasan Gunung Ungaran sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPS materi bentuk-bentuk muka bumi siswa kelas vii SMP Negeri 1 Sumowono sudah berjalan dengan baik dan kegiatan siswa sudah tergolong aktif. Saran untuk penelitian yang akan datang, perlu dipersiapkan secara matang dalam segi waktu dan biaya supaya kegiatan pembelajaran outdoor study berjalan dengan lancar. Yang kedua yaitu, perlu dipersiapkan alat dan bantuan petugas lapangan supaya pengkondisian siswa lebih tertib.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Outdoor Study, Sumber Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2018 18:04
Last Modified: 05 Apr 2019 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31719

Actions (login required)

View Item View Item