ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI MELANJUTKAN SEKOLAH SMA/SEDERAJAT DI KECAMATAN PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2017


Arsi Surya Prasanta, 3201410069 (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI MELANJUTKAN SEKOLAH SMA/SEDERAJAT DI KECAMATAN PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201410069.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (220kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hak semua warga negara. Namun, tidak semua anak daat menikmati pendidikan tingkat SMA sederajat kususnya. Anak tidak melanjutkan sekolah SMA dipengaruh banyak faktor baik dari diri dalam sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapatnya pengaruh kondisi sosial-ekonomi,aksesibilitas dan motivasi terhadap partisipasi melanjutkan sekolah ke SMA di Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian dalam penelitian yaitu siswa kelas IX SMP sederajat di Kecamatan Pagerbarang. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa yang akan melanjutkan sekolah dan yang tidak melanjutkan sekolah SMA diambil secara proposorsinal random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat aksesibilitas diperoleh ratarata 67,25 atau dengan kriteria cukup. Motivasi meanjutkan sekolah diperoleh kriteria tinggi dengan persentase 71,55%. Hasil uji chi-square dipeorleh data bahwa aksesibilitas berpengaruh signifikan terhadap partisipasi melanjutkan sekolah, motivasi berpegaruh signifikan terhadap partisipasi melanjutkan seklah, serta kondisi sosial ekonomi yang meliputi pendidikan, pekerjaan dan pendapatan berpengaruh signifikan terhadap partisipasi melanjutkan sekolah. Secara statstik hasil peritungan diperoleh aksesibilitas p= ,029, motivasi memiliki p=0,011, tigkat pendidikan p=0,000, pendapatan orang tua p=0,000, dan jenis pekerjaan p=0,000. Hasil tersebut menunjukan nilai p <0,05 sehingga semua hipotesis dterima. Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang diberikan sebagai berikut: Saran bagi siswa, semangat untuk melnjutkan sekolah SMA harus tetap ada agar semua anak mendapat wajib belajar 12 tahun dimana minimal pendidikan anak adalah SMA sederajat. Saran bagi pemerintah, pihak pemerintah dapat memberikan solusi terutama berkaitan dengan aksesibilitas yang tergolong sedang dan ada banyak masyarakat yang tidak bisa ke sekolah hanya masalah keterjangkauan lokasi sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aksesibilitas, Motivasi,Kondisi Sosial Ekonomi Partisipasi Melanjutkan Sekolah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2018 17:53
Last Modified: 05 Apr 2019 13:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31715

Actions (login required)

View Item View Item