PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XII IPS SEMESTER GASAL SMA NEGERI 1 SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2016/2017


Muhammad Abdul Jubair Almasiih, 3201410065 (2017) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XII IPS SEMESTER GASAL SMA NEGERI 1 SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201410065.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang 1) Kondisi media pembelajaran pada siswa kelas XII IPS semester gasal SMA Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2016/2017, 2) Pemanfaatan media pembelajaran pada siswa kelas XII IPS semester gasal SMA Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data penelitian merupakan data kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Sragi pada bulan September – Desember 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS semester gasal SMA Negeri 1 Sragi Tahun Ajaran 2016/2017, terdiri dari 125 siswa. Siswa yang dijadikan subjek penelitian ditentukan dengan teknik proportional random sampling sehingga diperoleh 63 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kondisi media pembelajaran tergolong baik yang dimiliki sekolah adalah peta, atlas dan globe. 2) Pemanfaatan media pembelajaran geografi pada siswa kelas XII IPS semester gasal SMA Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2016/2017 termasuk kategori cukup baik dengan 50,8% siswa. Rendahnya pemanfaatan media pembelajaran geografi terlihat dari masih jarangnya keaktifan siswa untuk menggunakan CD pembelajaran, peta, planetarium, atlas, dan globe secara mandiri ketika mempelajarai atau menyelesaikan tugas. Diharapkan bagi guru mampu menciptakan suasana belajar yang mendorong siswa untuk memanfaatkan media pembelajaran geografi yang lebih luas dengan memberikan latihan-latihan sehingga siswa aktif dalam belajar. Bagi Siswa Perlu meningkatkan motivasi dalam memanfaatkan segala media pembelajaran geografi baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga seperti sering memanfaatakan perpustakaan sekolah untuk menambah pengetahuan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, pembelajaran, geografi
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2018 17:49
Last Modified: 05 Apr 2019 13:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31714

Actions (login required)

View Item View Item