PENERAPAN APLIKASI LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI PEMBANGUNAN BERWAWASAN LINGKUNGAN KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/201


Solichun, 3201410064 (2017) PENERAPAN APLIKASI LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI PEMBANGUNAN BERWAWASAN LINGKUNGAN KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/201. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201410064.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (287kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di kelas menunjukkan bahwa guru cenderung menggunakan media pembelajaran konvensional seperti gambar atau paper sheet sehingga siswa merasa bosan, jenuh, dan kurang bersemangat dalam belajar. Media pembelajaran Lectora Inspire menjadi media yang praktis dan tepat dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan Lectora Inspire dalam pembelajaran Geografi materi pembangunan berwawasan lingkungan kelas XI IPS SMA Negeri 12 Semarang. Lokasi penelitian berada di SMA Negeri 12 Semarang, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPS SMA Negeri 12 Semarang sejumlah 147 siswa dan teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik random sampling didapat sebanyak 75 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data berupa metode dokumentasi, metode tes, dan metode angket.Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Lectora Inspire dapat diterapkan dalam pembelajaran Geografi materi pembangunan berwawasan lingkungan kelas XI IPS SMA Negeri 12 Semarang,dan media pembelajaran Lectora Inspire dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibanding menggunakan media pembelajaran biasa (Power Point) pada pembelajaran Geografi materi pembangunan berwawasan lingkungan kelas XI IPS SMA Negeri 12 Semarang. Terdapat perbedaan rata-rata nilai pre-test yang signifikan antara kedua kelas dimana rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen lebih rendah dibandingkan dengan kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan oleh rata-rata nilaipost-test kelas eksperimen sebesar 72,92 sedangkan kelas kontrol sebesar 68,68. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen memiliki hasil belajar yang lebih tinggi daripada kelas kontrol setelah diberi perlakuan (post-test). Saran, guru dapat menerapkan media pembelajaran Lectora Inspire sebagai salah satu variasi media pembelajaran Geografi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.Penerapan media pembelajaran Lectora Inspire hendaknya mempersiapkan desain secara matang sehingga siswa antusias dan aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Lectora Inspire, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2018 17:46
Last Modified: 05 Apr 2019 14:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31713

Actions (login required)

View Item View Item