EFEKTIVITAS MEDIA PAPAN LIPAT UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN TATA BAHASA ARAB (MUBTADA’ KHABAR) DAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS VII MTs HASYIMIYAH KALISIDI UNGARAN


Siti Fitri Amalah , 2303412017 (2017) EFEKTIVITAS MEDIA PAPAN LIPAT UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN TATA BAHASA ARAB (MUBTADA’ KHABAR) DAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS VII MTs HASYIMIYAH KALISIDI UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MEDIA PAPAN LIPAT UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN TATA BAHASA ARAB (MUBTADA’ KHABAR) DAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS VII MTs HASYIMIYAH KALISIDI UNGARAN]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MEDIA PAPAN LIPAT UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN TATA BAHASA ARAB (MUBTADA’ KHABAR) DAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS VII MTs HASYIMIYAH KALISIDI UNGARAN)
Download (381kB) | Preview

Abstract

Tata bahasa Arab dan membaca merupakan salah satu unsur dan keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Penguasaan tata bahasa Arab dan membaca siswa kelas VII MTs Hasyimiyah Kalisidi Ungaran tergolong masih rendah. Beberapa siswa masih kesulitan dalam melafalkan teks berbahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti menawarkan media pembelajaran papan lipat dalam penelitian ini. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan media papan lipat untuk peningkatan penguasaan tata bahasa Arab (Mubtada’ Khabar) dan keterampilan membaca siswa kelas VII MTs Hasyimiyah Kalisidi Ungaran? dan 2) Apakah media papan lipat efektif untuk peningkatan penguasaan tata bahasa Arab (Mubtada’ Khabar) dan keterampilan membaca siswa kelas VII MTs Hasyimiyah Kalisidi Ungaran? Penelitian ini menggunakan pendekatan/metode kuantitatif dengan desain quasi experimental. Instrumen penelitian adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data berupa tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Dari hasil perhitungan, rata-rata post-test kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dari hasil perhitungan menggunakan rumus t-test, diperoleh thitung= 2,71 dan ttabel=2,09. Karena thitung˃ttabel maka hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja, yaitu pembelajaran menggunakan media papan lipat efektif untuk penguasaan tata bahasa Arab dan keterampilan membaca siswa kelas VII MTs Hasyimiyah Kalisidi Ungaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Papan Lipat, Tata Bahasa Arab, Keterampilan Membaca.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 21 Mar 2019 13:16
Last Modified: 21 Mar 2019 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31711

Actions (login required)

View Item View Item