IMPLEMENTASI PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) BERBASIS PENGEMBANGAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP IT PENGAJIAN AHAD PAGI BERSAMA (PAPB) SEMARANG


Nur Sari Rastianingsih , 3201410036 (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) BERBASIS PENGEMBANGAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP IT PENGAJIAN AHAD PAGI BERSAMA (PAPB) SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201410036.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (244kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran yang dilaksanakan di SMP IT PAPB Semarang khususnya pada kelas VII menggunakan metode ceramah konvensional dan belajar mandiri terstrukur. Guru jarang memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai media pembelajaran, sehingga partisipasi siswa dalam pembelajaran dan karakter siswa dalam kepedulian lingkungan cukup rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui mengetahui pelaksanaan dan pengaruh metode pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap aktivitas siswa dalam pengembangan karakter peduli lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT PAPB tahun ajaran 2006/2017 yang berjumlah 114 orang dan terbagi menjadi 4 kelas. Setelah dilakukan pengambilan sampel secara purposive sampling, terpilih satu kelas yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen tunggal. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuisioner, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukan pelaksanaan pendekatan JAS Sebanyak 7 siswa (28%) menyatakan penerapan pembelajaran JAS cukup baik, sebanyak 13 siswa (52%) menyatakan penerapan pembelajaran JAS sudah baik dan sebanyak 5 siswa (20%) menyatakan penerapan pembelajaran JAS sangat baik dari jumlah keseluruhan sebanyak 25 siswa. Sedangkan pengembangan karakter peduli lingkungan siswa di kelas VIIA SMP IT PAPB secara keseluruhan sudah baik. Pada kelas VIIA dicapai rata-rata 87% (sangat baik) dari rata-rata 6 aspek penilaian antara lain kesadaran membuang sampah, kegiatan pengelolaan sampah, usaha penghematan energi, upaya konservasi lingkungan Saran untuk warga sekolah khususnya siswa diharapkan selalu memperhatikan dan melatih kepekaan tehadap kondisi lingkungan sekitar, terutama kebiasaan-kebiasaan yang dapat dibentuk dalam rangka berkontribusi dan peduli tehadap kelestarian serta kebersihan lingkungan sekitar maupun lingkungan global. Kemudian untuk proses kegiatan belajar mengajar, guru disarankan untuk memberikan inovasi belajar yang kreatif dan inovatif dalam mengasah kemampuan siswa dalam aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik kepada siswa dalam rangka penanaman karakter dan kepedulian terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Jelajah Alam Sekitar, Karakter, Peduli Lingkungan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2018 17:39
Last Modified: 05 Apr 2019 14:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31709

Actions (login required)

View Item View Item