KESIAPAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS X DI SMA N 1 RAWALO TAHUN AJARAN 2016/2017


Imansah, 3201410004 (2017) KESIAPAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS X DI SMA N 1 RAWALO TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201410004.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (282kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada pembelajaran metode konvensional di SMA N 1 Rawalo yakni siswa kurang termotivasi terlihat dari kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran, oleh sebab itu maka guru di SMA N 1 Rawalo menerapkan pembelajaran Outdoor Study pada standar kompetensi “ menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan muka bumi “. Selain metode pembelajaran, faktor internal dari siswa sendiri berpengaruh terhadap proses dan hasil pembelajaran. Salah satu faktor dari siswa yang mempengaruhi ialah kesiapan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesiapan belajar siswa dalam pembelajaran outdoor study yang dilaksanakan di SMA N 1 Rawalo, serta untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dalam pelaksanaan pembelajaran outdoor study pada sandar kompetensi “ menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi”. Lokasi penelitian ini berada di SMA N 1 Rawalo kabupaten Banyumas, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 180 siswa dan yang menjadi sampel ialah kelas X-6 dan X-4 yang berjumlah 60 siswa, adapun teknhik yang digunakan dalam pemilihan sampel ialah Purposive Sampling . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif presentase sedangkan metode pengumpulan data berupa dokumentasi dan angket. Variabel dalam penelitian ialah Kesiapan belajar siswa yang meliputi tiga aspek yakni aspek perhatian belajar, motivasi belajar serta perkembangan kesiapan. Hasil dari penelitian ini adalah kesiapan belajar siswa ada pada interval skor 74,5 yang masuk dalam kategori tinggi, dengan rincian terdapat 21 siswa (35%) masuk dalam kategori sangat tinggi, siswa yang masuk kategori tinggi terdapat 31 siswa (51,7%), siswa yang masuk dalam kategori rendah terdapat 6 siswa (10%) , sedangkan terdapat 2 (3,3%) siswa masuk dalam kategori sangat rendah, kesiapan belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa yakni 43,4%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah metode pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru mempunyai peranan penting dalam keberhasilan siswa selain itu kesiapan belajar siswa juga mempunyai peranan penting terhadap hasil. Saran dalam penelitian ini adalah perlu pengawasan yang ekstra dari guru sehingga menghindari aktifitas siswa yang mampu mengganggu kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesiapan belajar, pembelajaran outdoor study, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2018 17:33
Last Modified: 05 Apr 2019 14:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31705

Actions (login required)

View Item View Item