ROLLING BALL: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS VIII MTs DI KABUPATEN PEKALONGAN


Laela Mufida , 2303412003 (2017) ROLLING BALL: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS VIII MTs DI KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan keterampilan yang diukur dan diperhitungan dalam keberhasilan keterampilan berbahasa. Kegiatan pembelajaran keterampilan berbicara tidak menarik, tidak merangsang partisipasi siswa, suasana kelas menjadi kaku dan macet disebabkan penguasaan kosakata dan pola kalimat peserta didik sangat minim, pendidik tidak memiliki kompetensi komunikasi aktif, serta belum adanya pemanfaatan media dalam pembelajarannya. Oleh karena itu, peneliti menawarkan solusi untuk mengembangkan media pembelajaran untuk keterampilan berbicara bahasa Arab “Rolling Ball”. Tujuan Penelitian ini yaitu: 1)Mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru terhadap media pembelajaran Rolling Ball untuk keterampilan berbicara sesuai kurikulum bahasa Arab; 2)Mendeskripsikan prototipe media pembelajaran Rolling Ball; 3)Mendeskripsikan penilaian ahli terhadap prototipe media pembelajaran Rolling Ball; 4)Mendeskripsikan media pembelajaran Rolling Ball setelah revisi; 5)Mendeskripsikan hasil uji coba media pembelajaran Rolling Ball. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil akhir dari penelitian ini adalah media pembelajaran Rolling Ball sebagai inovasi pengembangan media pembelajaran untuk keterampilan berbicara bahasa Arab. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan menunjukkan guru dan siswa menghendaki dikembangkannya media pembelajaran Rolling Ball yang sesuai dengan KI dan KD memuat materi, KI-KD, kosakata, percakapan, dan evaluasi. Media ini terdiri atas tiga tema yaitu ، يوميّاتنا في البيت، يوميّاتنا في المدرسة السّاعة . Penilaian ahli media dan ahli materi menunjukkan kesesuaian pada setiap aspek. Hasil uji coba menyatakan bahwa hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan yang dihasilkan dari nilai siswa mengerjakan soal tes menunjukkan thitung 39,07 dan hasil penilaian siswa melalui observasi menunjukkan thitung27,42. Semuanya jatuh di daerah penerimaan Ha, sehingga Ha diterima. Adapun ttabel 2,042 jatuh pada penerimaan Ho, sehingga produk baru lebih efektif dari produk lama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara;Media pembelajaran;Rolling Ball
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:44
Last Modified: 26 Jun 2019 19:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31702

Actions (login required)

View Item View Item