PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS TEMATIK UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA MTs KELAS VIII


Rashifatus Sholikhah , 2303411011 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS TEMATIK UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA MTs KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS TEMATIK UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA MTs KELAS VIII]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS TEMATIK UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA MTs KELAS VIII)
Download (397kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan dan lebih sulit dikuasai dibandingkan dengan tiga keterampilan lainnya. Banyak siswa kurang antusias dan mengalami kesulitan pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab. Hal itu disebabkan kurangnya kosakata yang dikuasai siswa dan minimnya stimulus yang dapat menginspirasi siswa untuk menemukan ide dalam menulis, para guru juga belum memanfaatkan media dalam proses pembelajaran. Maka, perlu adanya variasi terhadap media pembelajaran bahasa Arab yang dapat menginspirasi siswa menemukan ide untuk menulis, dan dapat diupayakan adanya pengembangan komik sebagai media pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab yang disusun sesuai kurikulum dan kebutuhan belajar siswa untuk menumbuhkan motivasi belajar serta meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui kebutuhan siswa dan guru MTS terhadap media komik berbasis tematik untuk keterampilan menulis bahasa Arab siswa MTs kelas VIII 2) Mengetahui prototipe media komik berbasis tematik 3) Mengetahui penilaian guru dan ahli terhadap desain atau prototipe media komik berbasis tematik 4) Mengetahui hasil uji coba media komik berbasis tematik terhadap siswa MTs Al Irsyad Gajah Demak kelas VIII. Desain penelitian ini adalah research and development. Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan non tes. Alat pengambilan data tes berupa soal tes untuk siswa dan alat data non tes berupa wawancara, observasi siswa terhadap kecepatan pemahaman, kreativitas, dan hasil belajar, serta angket kebutuhan guru dan siswa, angket uji validitas ahli terhadap media dan dokumentasi foto. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil analisis kebutuhan menunjukkan guru dan siswa menghendaki sebuah media komik berbasis tematik yang memuat SK dan KD, kosakata, komik, hikmah, tata bahasa dan evaluasi yang berupa soal mengurutkan kata menjadi kalimat dan mengarang berdasarkan tema. Penilaian ahli media dan ahli materi menujukkan kesesuaian pada aspek desain media, kelayakan isi, kelayakan penyajian, kegrafikan, maupun kelayakan bahasa. Hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan dari nilai siswa mengerjakan soal tes menunjukkan t hitung 34,192 dan hasil penilaian siswa melalui angket menujukkan t hitung 25,5. Semuanya jatuh di daerah penerimaan Ha, sehingga Ha diterima. Adapun t tabel 1,697 jatuh pada penerimaan Ho, sehingga produk baru lebih efektif dari produk lama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komik Tematik, Media, Keterampilan Menulis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:44
Last Modified: 26 Jun 2019 19:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31700

Actions (login required)

View Item View Item