EFEKTIVITAS METODE SAVI (SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS VIII MTs NEGERI 1 SEMARANG


Mentari Ramadhan, 2303411007 (2017) EFEKTIVITAS METODE SAVI (SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS VIII MTs NEGERI 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS METODE SAVI (SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS VIII MTs NEGERI 1 SEMARANG]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS METODE SAVI (SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS VIII MTs NEGERI 1 SEMARANG)
Download (329kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis adalah upaya mengekspresikan apa yang dilihat, dialami, dipikirkan dan dibaca. Keterampilan menulis sering dianggap sebagai keterampilan yang paling sulit bahkan dapat dikatakan lebih sulit dari keterampilan berbicara. Berdasarkan observasi awal di MTs Negeri 1 semarang, masih ditemukan sejumlah masalah dalam pembelajaran bahasa Arab. Masalah tersebut antara lain : 1)Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai keterampilan menulis, 2) kurangnya inovasi guru dalam mengembangkan metode pengajaran bahasa Arab, 3) kurangnya dukungan siswa terhadap metode baru yang telah diinovasikan guru sehingga menyebabkan proses pembelajaran tidak efektif. Oleh karena itu, perlu diseimbangkan dengan pemilihan metode secara tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab pada siswa, salah satunya adalah dengan menggunakan metode SAVI. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode SAVI untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab Siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang?, 2) Bagaimana efektifitas metode SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectually) untuk meningkatan keterampilan menulis bahasa Arab Siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode SAVI untuk meningkatkan keterampilan menulis dan apakah Metode SAVI Efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan dengan kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis. Dari data tes dapat diketahui bahwa nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa setiap kelasnya mengalami peningkatan. Ratarata nilai pre-test kelas kontrol 51,125 dan rata-rata nilai post-testnya 59,84.. Sedangkan rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen 29,84 dan rata-rata nilai posttestnya 86,84. Hasil tes kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa penerapan metode SAVI efektif terhadap keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Metode SAVI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:44
Last Modified: 26 Jun 2019 19:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31699

Actions (login required)

View Item View Item