PENGARUH PRESTASI BELAJAR BAHASA JEPANG TERHADAP PILIHAN PEKERJAAN LULUSAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES


Isrina Ekawati , 2302412035 (2017) PENGARUH PRESTASI BELAJAR BAHASA JEPANG TERHADAP PILIHAN PEKERJAAN LULUSAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PRESTASI BELAJAR BAHASA JEPANG TERHADAP PILIHAN PEKERJAAN LULUSAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES]
Preview
PDF (PENGARUH PRESTASI BELAJAR BAHASA JEPANG TERHADAP PILIHAN PEKERJAAN LULUSAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES)
Download (330kB) | Preview

Abstract

Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Jepang UNNES yaitu Program Studi bertugas mencetak tenaga pengajar bahasa Jepang. Namun, pada kenyataannya lebih banyak lulusan yang bekerja di luar tenaga pengajar bahasa Jepang. Dalam dunia kerja, terdapat syarat tertentu saat melamar pekerjaan, misalnya syarat minimal IPK. Menurut studi pendahuluan, IPK yang diperoleh mahasiswa lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2011 Unnes memiliki rata-rata lebih dari standar minimal IPK yang telah ditentukan. Oleh karena itu, peneliti bermaksud melakukan penelitian mengenai ada tidaknya pengaruh prestasi belajar bahasa Jepang (IPK) terhadap pilihan pekerjaan, serta faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan pekerjaan mahasiswa lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2011 Unnes angkatan 2011. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes angkatan 2011 yang sudah bekerja. Hasil data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan analisis regresi. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa,ada pengaruh antara prestasi belajar bahasa Jepang (IPK) terhadap pilihan pekerjaan mahasiswa Prodi PBJ Unnes angkatan 2011 walaupun dengan perolehan hanya 13,33%. Faktor penyebab yang paling mempengaruhi dalam memilih pekerjaan yaitu Prospek kerja atau jenjang karier ketika bekerja di tempat tersebut dengan persentase 90.32%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, pilihan pekerjaan, lulusan Unnes
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:43
Last Modified: 26 Jun 2019 19:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31696

Actions (login required)

View Item View Item