OPTIMALISASI PEMANFAATAN BANGUNAN KOTA LAMA SEMARANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 5 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Muhammad Nova Jalal F , 3101413088 (2017) OPTIMALISASI PEMANFAATAN BANGUNAN KOTA LAMA SEMARANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 5 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413088.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (237kB) | Preview

Abstract

Keberadaan sejarah lokal di Semarang masih belum dikembangkan secara maksimal dalam pembelajaran sejarah. Sejarah lokal sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar yang menarik. Seperti halnya bangunan-bangunan Kota Lama Semarang yang sangat potensial sekali apabila dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : (1) Bangunanbangunan Kota Lama Semarang apa saja yang dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah di SMA N 5 Semarang ?, (2) Bagaimana optimalisasi pemanfaatan bangunan Kota Lama Semarang sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah di SMA N 5 Semarang ?, (3) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan bangunan Kota Lama Semarang sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah di SMA N 5 Semarang ? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di SMA N 5 Semarang. Informan adalah guru sejarah dan siswa dari sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Berdasarkan hasil dilapangan menunjukkan bahwa : 1) Bangunan-bangunan Kota Lama Semarang merupakan Suatu bangunan peninggalan belanda yang memiliki nilai-nilai sejarah yang sangat menarik sekali di setiap bangunanbangunanya, maka dari itu bangunan-bangunan tersebut sangat potensial dijadikan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah. 2) Pemanfaatan Bangunan Kota Lama Semarang yang dilaksanakan oleh guru sejarah adalah dengan metode proyek. Peneliti melakukan penelitian di kelas X.IPS dan XI.IPA. 3) Kendala yang dihadapi diantaranya: minimnya ketersediaan sumber, perijinan yang berbelit-belit, minat siswa yang rendah, dan kesibukan peserta didik. Namu semua hambatan dapat diselesaikan oleh guru sehingga pembelajaran dengan memeanfaatkan Bangunan Kota Lama Semarang dapat terlaksana. Saran, guru hendaknya memberikan pendampingan yang lebih intensif terhadap peserta didik, guru sejarah harus lebih memperbanyak pembelajaran di luar kelas, sehingga minat peserta didik bisa meningkat, guru harus memberikan time line kepada peserta didik, agar tugas bisa dikumpulan tepat waktu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Bangunan Kota Lama Semarang, Sumber Belajar, Pembelajaran Sejarah
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2018 18:28
Last Modified: 04 Apr 2019 17:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31692

Actions (login required)

View Item View Item