PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH PADA POKOK BAHASAN SEJARAH PRA AKSARA DI MAN BLORA DAN SMK MUHAMMADIYAH 1 BLORA TAHUN AJARAN 2016/2017


Yuli Murdiyanto , 3101413052 (2017) PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH PADA POKOK BAHASAN SEJARAH PRA AKSARA DI MAN BLORA DAN SMK MUHAMMADIYAH 1 BLORA TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (466kB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Blora dan SMK Muhammadiyah 1 Blora tahun ajaran 2016/2017 terkait dengan pembelajaran sejarah pada materi sejarah pra aksara. Setelah dilakukan observasi menunjukan bahwa peserta didik terkendala beberapa permasalahan dalam pokok bahasan sejarah pra aksara. Permasalahan itu meliputi dalam pemahaman istilah-istilah nama manusia purba dan kebudayaannya, kebingungan dalam materi terkait siapa manusia pertama di bumi, dan kecenderung dalam iklim tidak kondusif dalam materi sejarah pra aksara. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran sejarah pada pokok bahasan sejarah pra aksara (2) Menganalisis persepsi siswa dalam pembelajaran sejarah pada pokok bahasan sejarah pra aksara (3) Menganalisis kendala-kendala dalam pembelajaran sejarah pada pokok bahasan sejarah pra aksara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran mendalam tentang persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran sejarah pada pokok bahasan sejarah pra aksara di MAN Blora dan SMK Muhammadiyah Blora. Teknik pemilihan informan yaitu dengan teknik snow ball. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Triangulasi data digunakan untuk menguji keabsahan data. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan secara umum dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah pra aksara menggunakan ceramah bervariasai dengan media power point dan kertas bergambar, persepsi peserta didik mengenai manusia pertama di bumi dalam materi sejarah pra aksara yaitu peserta didik mempercayai bahwa manusia pertama yang ada di bumi yaitu Nabi Adam. Kendala-kendala yang terjadi dalam pembelajaran yaitu guru dan peserta didik mengalami kebingungan ketika melaksanakan pembelajaran sejarah pada kurikulum 2013, keterbatasan alat dan media berdampak pada pembelajaran sejarah kurang maksimal, metode pembelajaran yang digunakan tidak sesuai dengan harapan murid, dan dalam kelas suasananya cenderung kurang kondusif. Dari hasil penelitian di atas hendaknya guru memiliki kreatifitas dalam pembelajaran melihat akan keterbatasan alat dan media yang ada di sekolah agar lebih menciptakan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Pembelajaran Sejarah, dan Sejarah Pra Aksara
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2018 18:23
Last Modified: 04 Apr 2019 17:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31691

Actions (login required)

View Item View Item