PEMANFAATAN SITUS MASJID DAN MAKAM MANTINGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BAGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 PECANGAAN KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2016/2017


Muhammad Condro Asmoro, 3101412120 (2017) PEMANFAATAN SITUS MASJID DAN MAKAM MANTINGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BAGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 PECANGAAN KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412120.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (216kB) | Preview

Abstract

Keberadaan situs sejarah yang terdapat di berbagai tempat masih belum dikembangkan lebih lanjut dan maksimal dalam pembelajaran sejarah. Situs sejarah sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah siswa. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah :1) Bagaimana minat siswa terhadap pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Pecangaan? 2) Bagaimana pemanfaatan Situs Makam dan Masjid Mantingan sebagai sumber belajar sejarah kelas X bagi siswa di SMA Negeri 1 Pecangaan? 3) Apa saja kendala yang dialami guru dalam memanfaatkan Situs Masjid dan Makam Mantingan sebagai sumber belajar sejarah?. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru sejarah dan siswa SMA Negeri 1 Pecangaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menentukan keabsahan data, penelitian ini adalah menggunakan triangulasi sumber dan tehnik. Teknik analisis data yang digunakan adalah intraktif model yang mencakup tiga hal yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil dilapangan menunjukkan bahwa :1) Minat siswa dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Pecangaan sudah cukup baik, hal ini terlihat dari para siswa terlihat antusias dan aktif ketika pembelajaran berlangsung. 2) Pemanfaatan Situs Masjid dan Makam Mantingan yang dilaksanakan oleh guru sejarah adalah dengan metode lawatan sejarah. Pengaruh postitif yang siswa dapatkan dengan penerapan lawatan sejarah membuat siswa lebih tertarik dan menambah minat terhadap pembelajaran sejarah 3) Kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan Situs Masjid dan Makam Mantingan adalah alokasi waktu yang relatif singkat, biaya selama melakukan kunjungan lawatan dan kurang memadainya perpustakaan serta musium yang ada di Situs Masjid dan Makam Mantingan. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian diajukan beberapa saran sebagai berikut: 1) Siswa seharusnya lebih fokus dan memperhatikan penjelasan dari juru kunci dalam mengerjakan lembar kerja yang diberikan. 2) Guru dapat mengadakan pembelajaran lawatan ini dengan memberi tugas terstruktur kepada siswa untuk mengunjungi Situs Masjid dan Makam Mantingan diluar jam pelajaran sekolah. 3) Untuk Pengurus Situs Masjid dan Makam Mantingan seharusnya juga memperhatikan sarana dan prasarana musium dan perpustakaan yang berada di komplek Situs Masjid dan Makam Mantingan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Situs, Sumber Belajar Sejarah, Pembelajaran Sejarah
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2018 18:06
Last Modified: 04 Apr 2019 18:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31689

Actions (login required)

View Item View Item