PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BENTUK ENSIKLOPEDIA SEJARAH DAN BUDAYA LOKAL DIENG PADA MATERI POKOK PERKEMBANGAN KEHIDUPAN KERAJAAN HINDU-BUDDHA DI INDONESIA DI SMA NEGERI 1 KARANGKOBAR KABUPATEN


Girindra Yudha Bhuwana, 3101412116 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BENTUK ENSIKLOPEDIA SEJARAH DAN BUDAYA LOKAL DIENG PADA MATERI POKOK PERKEMBANGAN KEHIDUPAN KERAJAAN HINDU-BUDDHA DI INDONESIA DI SMA NEGERI 1 KARANGKOBAR KABUPATEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412116.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (377kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Karangkobar menunjukan minat dan pemahaman materi peserta didik rendah karena bahan ajar yang kurang menarik. Mempelajari sejarah sangat penting bagi peserta didik, karena peristiwa masa lampau bersinggungan dengan aspek kehidupan masa sekarang. Sejarah Candi Dieng penting untuk peserta didik karena bisa meningkatkan pemahaman dan ketertarikan peserta didik serta berguna supaya peserta didik memahami sejarah lokal lingkungannya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah; (1) Mendeskripsikan kebutuhan dan kondisi bahan ajar pada materi pokok perkembangan kehidupan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Karangkobar, (2) Menghasilkan bahan ajar ensiklopedia sejarah dan budaya lokal Dieng pada pembelajaran sejarah pada materi pokok perkembangan kehidupan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia di SMA Negeri 1 Karangkobar, (3) Mengetahui penilaian bahan ajar ensiklopedia sejarah dan budaya lokal Dieng pada materi pokok perkembangan kehidupan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia di SMAN 1 Karangkobar. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Secara teknis penerapan metode ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif yang terbagai menjadi tiga tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan evaluasi. Data kualitatif digunakan untuk analisis kebutuhan sedangkan kuantitatif digunakan untuk analisis pengembangan dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukan analisis kebutuhan bahan ajar di SMA Negeri 1 Karangkobar memerlukan bahan ajar penunjang yang menarik untuk mengatasi permasalahan, yaitu untuk menarik minat dan mempermudah pemahaman materi. Urgensi Situs Candi Dieng penting bagi peserta didik untuk mengetahui sejarah yang ada dilingkungannya, menarik minat, dan mempermudah pemahaman materi perkembangan sejarah kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia. Hasil dari pengembangan bahan ajar adalah berupa ensiklopedia sejarah dan budaya lokal Dieng yang telah di validasi oleh ahli materi, media, dan praktisi yang rata-rata menunjukan hasil sangat baik digunakan tanpa revisi. Penilaian kelayakan dari respon guru dan peserta didik menunjukan rata-rata bahan ajar ensiklopedia sejarah dan budaya lokal Dieng sangar baik. Kesimpulannya bahan ajar bentuk ensiklopedia sejarah dan budaya lokal Dieng sangat layak digunakan. Karena menunjang proses pembelajaran sejarah materi perkembangan kehidupan kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia di SMA Negeri 1 Karangkobar. Disarankan ensiklopedia menjadi bahan ajar penunjang proses pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Ensiklopedia, Sejarah dan Budaya Lokal Dieng, Pengembangan, Bahan Ajar, Ensiklopedia, Sejarah dan Budaya Lokal Dieng
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > L Education (General) > Education Management
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2018 18:00
Last Modified: 05 Apr 2019 14:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31688

Actions (login required)

View Item View Item