PENGARUH PEMANFAATAN GUA JEPANG KALIGUA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH POKOK BAHASAN PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BUMIAYU TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Arip Rahman, 3101412105 (2016) PENGARUH PEMANFAATAN GUA JEPANG KALIGUA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH POKOK BAHASAN PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BUMIAYU TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412105.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (397kB) | Preview

Abstract

Sumber belajar merupakan salah satu komponen utama pembelajaran. Pentingnya sumber belajar dapat dilihat pada butir ketiga dari tujuh karakteristik Kurikulum 2013. Namun pada kenyataanya banyak sekolah yang belum memanfaatkan sumber belajar di sekitanya secara maksimal. Berdasarkan hasil observasi awal di ketahui sekolah-sekolah di wilayah Bumiayu masih kurang memanfaatkan situs sejarah sebagai sumber belajar, salah satunya SMA Negeri 1 Bumiayu. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh pemanfaatan Gua Jepang Kaligua sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bumiayu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan situs Gua Jepang Kaligua sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bumiayu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bumiayu tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain Quasi Eksperiment. Sampel penelitian ini menggunakan teknikpurposive sampling, dengan mengambil dua kelas sebagai sampel. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan Gua Jepang Kaligua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bumiayu. Berdasarkan perhitungan hasil perhitungan uji perbedaan rata-rata post-test diperoleh t = 3,48 pada α = 5 % dan dk = 65 diperoleh t (0,95)(65) = 2,00. Maka karena t berada di daerah penolakan Ho, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sementara itu hasil belajar sejarah siswa kelas eksperimen memperoleh rata-rata 86,30. Serta hasil belajar sejarah siswa kelas control memperoleh rata-rata 80,12. Berdasarkan perolehan rata-rata hasil belajar siswa, kelas eksperimen lebih baik dibanding dengan kelas kontrol. Koefisiensi determinasi dalam penelitian ini r² = 0,2930 x 100% = 29,30%. Jadi pemanfaatan Gua Jepang Kaligua sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar memiliki pengaruh sebesar 29,30%.. Saran yang berkaitan dengan kegiatan ini adalah guru dituntut untuk memilih metode dan sumber belajar yang tepat, yang sesuai dengan tujuan, materi maupun kebutuhan siswa; membuat pererncanaan pembelajaran dengan memperhatikan banyak faktor, dan perlu adanya pemanfaatan situs, benda atau peristiwa sejarah yang ada dilingkungan sekolah sebagai sumber belajar alternatif. == Source of learning is one of the main components of learning. The Importance of learning resources can be seen on the third item of the seven characteristics of Curriculum 2013. But on the fact that many schools do not utilize learning resources in the surrounding area optimally. Based on the results of preliminary observations known the schools in the Bumiayu region still not utilizing the historical sites as a source of learning, one of them SMAN 1 Bumiayu. The problem was examined in this research is there any effect of utilization Kaligua Japanese Cave as a learning resource to the result of learning of students of eleventh grade of sosial science on SMAN 1 Bumiayu. The purpose of this research to determine the effect of utilization of the Kaligua Japanese Cave Kaligua site as a learning resource to the result of learning students of eleventh grade of sosial science on SMAN 1 Bumiayu. The subject of the reasearch were students of elevent grade on SMAN 1 Bumiayu in the academic year 2015/2016. This research is experimental, with designs Quasi Experiment. The research sample using purposive sampling techniques, by taking two classes as samples. The instruments to collect data in this research consisted of a questionnaire, test and documentation. The results showed that there are the effect of utilization of Kaligua Japanese Cave on student achievement eleventh grade on SMAN 1 Bumiayu. Based on the calculations, the result of t test of post test showed t = 3.48 at α = 5% and dk = 65 obtained t (0.95) (65) = 2.00. Then t on the region of Ho rejection, and it can be concluded that there are significant differences between the experimental class and control class. Meanwhile the results of studying the history of experimental class students earned an average of 86,30, and the results of studying the history of control class students earned an average of 80,12. Based on the average of the result of student learning, the experimental class is better than the control class. Coefficient of determination in this research is r² = 0.2930 x 100% = 29.30%. So the utilization of Kaligua Japanese Cave as a source against the result of learning has the effect of 29.30%. Suggestions relating to these activities the teachers were asked to choose methods and appropriate learning resources, in accordance with the purpose, materials as well as the needs of students; learning plan made by taking into many factors, and the need for utilization of the site, object or historical events in the school environment as an alternative source of learning.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pemanfaatan Gua Jepang Kaligua, Hasil Belajar, dan Pembelajaran Sejarah, Effect, Utilization of Kaligua Japanese Cave, Result of Learning, and History Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2018 17:54
Last Modified: 21 Nov 2018 17:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31687

Actions (login required)

View Item View Item