KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BERSERTIFIKASI DALAM MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI KABUPATEN PEMALANG 2016/2017


Rifqi Nurul Anifah , 31010412052 (2017) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BERSERTIFIKASI DALAM MEMBUAT PERANGKAT PEMBELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI KABUPATEN PEMALANG 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101412052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (297kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana pemahaman guru bersertifikasi di SMA Negeri Kabupaten Pemalang tentang kompetensi profesional dalam membuat perangkat pembelajaran sejarah? 2. Apakah guru bersertifikasi di SMA Negeri Kabupaten Pemalang dalam membuat perangkat pembelajaran sejarah sudah sesuai dengan Permendiknas No. 22 Tahun 2016? 3. Bagaimana kesesuaian antara perangkat pembelajaran sejarah yang dibuat oleh guru bersertifikasi di SMA Negeri Kabupaten Pemalang dengan pelaksanaan pembelajarannya? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah guru sejarah di 5 SMA Negeri di Kabupaten Pemalang, di sekolah yang dijadikan lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumen. Teknik pengujian yang dipergunakan dalam menentukan keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan trianggulasi metode dan trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pemahaman guru sejarah tentang profesional guru berseritifikasi dalam membuat perangkat pembelajaran sejarah baik hal tersebut dapat dilihat dari guru sejarah mampu menjelaskan pengertian kompetensi profesional, menguraikan apa makna perangkat pembelajaran, dan menguraikan bagaimana membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan Permendiknas. Keprofesionalan guru bersertifikasi di 5 SMA Negeri Pemalang dilaksanakan dengan cara diintegrasikan ke mata pelajaran sejarah. Saran yang dapat dikemukakan penulis adalah guru-guru sejarah di 5 SMA Negeri di Pemalang, dapat berperan aktif dalam membuat perangkat pembelajaran sejarah. == The issues raised in this research is: 1. How the understanding of certified teachers in in Public Senior High School in Pemalang about the professional competence in making history learning tools? 2. Are certified teachers in Public Senior High School in Pemalang making history learning tools already compatible with Permendiknas No. 22 of 2013? 3. How compatible are the history learning tools that are made by the certified teachers in Public Senior High School in Pemalang with the learning practice? This research is using descriptive qualitative approach. The object of this research is history teachers in five Public Senior High School in Pemalang, those schools were picked to be the locations of this research. The data collection techniques are using observation techniques, interviews and documents. The testing techniques that are used to determine the validity of the data in this study is using method triangulation and source triangulation. The data analysis techniques are using interactive model consisting of three major components, they are data reduction, data presentation, and conclusion or verification. The results of the research showed that the understanding of history teachers about profesional certified teachers in making history learning tools it that can be seen by the certified teachers can explain the meaning of professional explain competition, elaborate the meaning of learning tools, elaborate how to make learning tools that are compatible with Permendiknas. The professionalism of certified teachers in five Public Senior High School in Pemalang implemented by way it is integrated into history subject. The suggestion that the writer wants to reveal is that the history teachers in five Public Senior High School in Pemalang can be active in making history learning tools.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Guru, Profesional Guru, Perangkat Pembelajaran Sejarah, Teacher Certification, Teacher’s Professional, History Learning Device
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > LC Special aspects of education > Educational Certification
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2018 15:51
Last Modified: 05 Apr 2019 14:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31682

Actions (login required)

View Item View Item