PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SEJARAH SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE KELAS XI IPS 4 DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Johan Nur Arfiandika P , 3101409022 (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SEJARAH SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE KELAS XI IPS 4 DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101409022.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (220kB) | Preview

Abstract

Rendahnya minat siswa merupakan bukti bahwa pembelajaran belum dilakukan secara maksimal sesuai dengan standar kompetensi. Salah satu faktor adalah penggunaan metode pembelajaran yang monoton. Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran Think Pair Shair untuk meningkatkan minat siswa. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share mampu meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS 4 di SMA Kesatrian 1 Semarang? Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS 4 SMA Kesatrian 1 Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian di SMA Kesatrian 1 Semarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 yang berjumlah 26 orang dengan rincian 17 laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Teknik analisis data mencakup tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan. Yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus 1 menunjukkan adanya peningkatan dibandingkan dengan pra siklus dengan naikknya persentase 40 % menjadi 60,15 %. Berdasarkan hasil tersebut maka minat belajar termasuk dalam kategori cukup baik. Meskipun demikian hasil ini belum cukup untuk memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh peneliti yakni 70%, sehingga perlu dilakukan peningkatan di siklus 2. Pada penelitian siklus 2, terjadi peningkatan dibandingkatan dengan hasil penelitian siklus I, peningkatan ini bisa dilihat dari persentase minat dari 60, 15 % menjadi 71,04 % termasuk kategori sangat baik.dengan demikian hasil ini cukup memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetepkan sebelumnya dalam penelitian ini, sehingga penerapan model kooperatif Think Pair Share mampu meningkatkan prestasi belajar IPS sejarah siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share merupakan langkah yang tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Model Kooperatif Think Pair Share
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 37061 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2018 00:42
Last Modified: 20 Nov 2018 00:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31673

Actions (login required)

View Item View Item