PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN QUANTUM LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA


Indah Beti Lestari , 4001413005 (2017) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN QUANTUM LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001413005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (535kB) | Preview

Abstract

Fakta menunjukkan bahwa pendidikan di Indonesia tidak fokus untuk mendorong kemampuan berpikir kreatif. Hal ini didukung oleh hasil observasi yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dan motivasi di SMP 1 Kudus rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning bermuatan Quantum Learning pada materi sistem ekskresi terhadap kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa beserta besar pengaruhnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian quasi-experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas VIII G sebagai kelas kontrol dan kelas VIII H sebagai kelas eksperimen. Data penelitian diperoleh dari skor prestasi kognitif dan kuesioner motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi yang didapatkan berdasarkan posttest kemampuan berpikir kreatif siswa adalah r = 0,62. Hasil analisis uji t terhadap nilai koefisien korelasi kemampuan berpikir kreatif memperlihatkan thitung = 5,69 yang berarti bahwa ada pengaruh signifikan. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (KD) yang diperoleh sebesar 39%. Hasil analisis data angket motivasi belajar siswa menunjukkan nilai koefisien korelasi yang diperoleh adalah r = 0,84. Hasil analisis uji t terhadap nilai koefisien korelasi motivasi belajar memperlihatkan thitung = 10,82 yang berarti bahwa ada pengaruh signifikan. Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (KD) yang diperoleh sebesar 70%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model project based learning bermuatan Quantum Learning pada materi sistem ekskresi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar siswa. The fact shows that the education in Indonesia does not focus to encourage creative thinking skill. This is supported by the result of observation that shows the creative thinking skill and motivation in SMP 1 Kudus were low. Therefore, this research aims to determine the influence and its value of project based learning model Quantum Learning-based in the material of excretion system towards students’ creative thinking skills and learning motivation. This research was quasi experimental research with nonequivalent control group design. Samples were taken by using purposive sampling and obtained class VIII as the control class G and class H as the experimental class VIII. The research data were obtained from the cognitive achievement score and learning motivation questionnaire. The result shows a correlation coefficient based on creative thinking skill posttest of r = 0.62. The results of t test analysis of the value of the correlation coefficient shows the creative thinking skills of t =5.69, that means that there is a significant influence. The value of influence is shown by the coefficient of determination (KD) gained by 39%. The analysis result data of students learning motivation questionnaire show the value of the correlation coefficient obtained is r = 0.84. The result of t test analysis of the value of the correlation coefficient communication skills shows t = 10.82, which means there is a significant influence. The value of influence is shown by the coefficient of determination (KD) obtained by 70%. Therefore it can be concluded that project based learning model Quantum Learning-based influences students’ creative thinking skills and learning motivation.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model project based learning, Quantum Learning, kemampuan berpikir kreatif, motivasi belajar, project based learning model, Quantum Learning, creative thinking skills, learning motivation
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Users 37061 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2018 18:47
Last Modified: 14 Nov 2018 18:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31668

Actions (login required)

View Item View Item