ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER BAHASA JEPANG KELAS XIIPA SMANEGERI 1 BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA


Diahmita Puspita Rini , 2302412006 (2017) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER BAHASA JEPANG KELAS XIIPA SMANEGERI 1 BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER BAHASA JEPANG KELAS XIIPA SMANEGERI 1 BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA]
Preview
PDF (ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER BAHASA JEPANG KELAS XIIPA SMANEGERI 1 BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA)
Download (502kB) | Preview

Abstract

Evaluasi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran. Salah satu alat ukur evaluasi yang diselenggarakan disekolah adalah tes. Tes yang dilaksanakan disekolah antara lain Ulangan Akhir Semester. Ulangan Akhir Semester merupakan bagian dari bentuk evaluasi untuk mengukur dan menilai kemampuan perseta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan dan ketidaklayakan, serta mengetahui faktor penyebab ketidaklayakan soal Ulangan Akhir Semester Bahasa Jepang kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bukateja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahpenelitiandeskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan responden sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi. Metode analisis data yaitu menghitung tingkat kesukaran, analisis kelayakan dan ketidaklayakan soal, faktor penyebab ketidaklayakan soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa soal yang termasuk kategori layak 13 soal (26%), kategori tidak layak 37 soal (74%).Berdasarkan analisis faktor penyebab ketidaklayakan yang sering muncul yaitu: 1). Distraktor pada soal Ulangan Akhir Semester bahasa Jepang tergolong tidak baik sehingga memudahkan siswa untuk menjawab pertanyaan ada 24 soal. 2). Indikator pada soal Ulangan Akhir Semester bahasa Jepang tidak jelas apa yang akan diukur ada 17 soal. 3). Soal jenis bacaan yang jawabannya langsung dapat ditebak tanpa harus berfikir mengetahui makna ada 14 soal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, analisis, soal ulangan akhir semester
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PR English literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:43
Last Modified: 26 Jun 2019 19:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31660

Actions (login required)

View Item View Item