PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO


Nindi Rusmawati , 2302412002 (2017) PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO]
Preview
PDF (PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO)
Download (443kB) | Preview

Abstract

Peran guru sebagai pengelola kelas merupakan salah satu peran yang penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan studi pendahuluan, guru bahasa Jepang SMA Negeri 1 Sukoharjo dapat mengelola kelas dengan baik, terbukti mampu mempertahankan peringkat 1 Ujian Nasional se-Jawa Tengah selama tiga tahun berturut-turut dari tahun 2014, 2015 dan 2016 serta memperoleh juara 2 dalam lomba kanji pada Bunkasai se provinsi Jawa Tengah tahun 2013. Tujuan penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan kelas oleh guru di SMA Negeri 1 Sukoharjo dan mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan pengelolaan kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil observasi dan hasil wawancara terhadap guru mata pelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, diketahui bahwa pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru di SMA Negeri 1 Sukoharjo dalam pembelajaran bahasa Jepang sudah baik. Kegiatan pengelolaan kelas yang dilakukan antara lain: (1) penciptaan kondisi belajar, yaitu guru menjelaskan tata cara pelaksanaan kegiatan dan memberi perintah dengan jelas, (2) keterampilan membimbing, yaitu guru berkeliling kelas untuk mengamati jalannya kegiatan, (3) keterampilan mengorganisasi, (4) penciptaan iklim belajar, (5) mengelola interaksi belajar mengajar, yaitu mengkonfirmasi tingkat pemahaman siswa terhadap materi dan (6) pengaturan ruang kelas, yaitu guru mengecek tata letak meja dan kursi. Dalam pelaksanaan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Jepang terdapat faktor pendukung diantaranya: guru memiliki kedisiplinan waktu dalam mengajar di kelas dan guru memiliki kemampuan berinteraksi terhadap siswa. Faktor penghambat pengelolaan kelas yaitu kurikulum, misalnya cara guru dalam mengajar masih menggunakan KTSP namun dalam pembuatan RPP menggunakan Kurikulum 2013, fasilitas misalnya masih terdapat LCD yang tidak berfungsi dengan baik di beberapa ruang kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan kelas, guru, bahasa Jepang.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PR English literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:43
Last Modified: 26 Jun 2019 19:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31659

Actions (login required)

View Item View Item