PEMANFAATAN KAIN PERCA BATIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI DORO KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN


Miftahul Janah , 1601412075 (2017) PEMANFAATAN KAIN PERCA BATIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI DORO KECAMATAN DORO KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601412075.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (313kB) | Preview

Abstract

Kain perca batik yaitu kain sisa atau limbah dari konveksi, pabrik atau garmen yang memproduksi pakaian, sprei dan lain sebagainya yang menggunakan bahan dasar kain batik. Kain perca batik dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Di Pekalongan kain perca batik dapat ditemukan dengan mudah, sehingga pemanfaatan kain perca batik sebagai media pembelajaran akan lebih efektif. Kain perca batik yang ramah lingkungan, memiliki berbagai motif dan warna yang mampu menarik minat anak untuk berkreasi dan menuangkan imajinasinya, selain itu kain perca batik aman ketika digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak usia 5-6 tahun. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan tingkat kreativitas anak usia 5-6 tahun sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa media kain perca batik dengan strategi 4P (pribadi, pendorong, proses, dan produk). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan jenis desain one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kelompok B2 TK Pertiwi Doro sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan treatment dengan 12 kegiatan pembuatuan produk sederhana dari kain perca batik. Uji hipotesis menggunakan perhitungan paired sample t-Test yang diperoleh hasil nilai pretest dan posttest tersebut dengan nilai thitung sebesar -30,598, dengan nilai sig (2- tailed) 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai mean pretest dan posttest yang semula 117,37 menjadi 168,83 sehingga terjadi peningkatan mean posttest nya sebesar 50,93. Simpulan yang dapat diambil adalah media kain perca batik yang digunakan sebagai media pembelajaran dengan pembuatan 12 produk sederhana dalam penelitian ini efektif dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kain Perca Batik, Kreativitas Anak
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2018 18:44
Last Modified: 05 Apr 2019 13:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31656

Actions (login required)

View Item View Item